Pemuda dan Beasiswa Berau

Pertama-tama penulis mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau yang telah mewujudkan dedikasi terhadap masa depan pendidikan Kabupaten Berau atas diterbitkannya program beasiswa untuk seluruh putra-putri Berau.

Sejak 7 tahun silam, simpang siur informasi terkait beasiswa dikalangan mahasiswa Berau yang belajar dipelbagai perguruan tinggi (PT). Ada beberapa efek yang mengemuka di kalangan mahasiswa atas keambiguan informasi beasiswa dahulu. Misal adanya kecemburan sosial terhadap mahasiswa non asrama dan penghuni asrama yang kerap terklaim memonopoli informasi beasiswa. Sehingga kerap terjadi silang pendapat antar sesama mahasiwa, yang akhirnya mendegradasi visi dan cita-cita berasama dalam membangun Kabupaten Berau dengan perhelatan akademik yang maksimal diantara keduanya.

Ihwal realitas tersebut adalah hasil dari riset (pengamatan) penulis sejak menjadi mahasiwa S1 di Samarinda lalu, tepatnya 5 tahun lalu. Tentu kita tidak ingin efek tersebut menjadi obat yang menidurkan potensi pemuda Berau.