Ini Hakikat Expo Pemuda Garapan KNPI

 

TANJUNG REDEB – Menyambut tahun baru 2017, DPD KNPI Berau menggelar Expo Pemuda, yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda dan Olahraga, sejak Sabtu (24/12/2016) hingga Sabtu mendatang (31/12/2016).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Berau, Muharram melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Supriyanto tersebut merupakan wadah hiburan masyarakat serta memberikan kesempatan kepada para pedagang untuk memperjualbelikan produk mereka di area expo tersebut.

Tak hanya menjadi wisata belanja, dalam rangkaian expo tersebut juga akan diadakan berbagai macam lomba, diantaranya akustik pelajar, parade musik metal, tari daerah tingkat SD, mewarnai tingkat TK, fashion batik Berau casual anak, fashion batik Berau casual dewasa, hingga fashion busana TK.

Dalam kesempatannya, Supriyanto mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan DPD KNPI Berau. Pasalnya, baru kali ini diadakan expo non pemerintah. Selain itu, melalui expo yang bertajuk pemuda tersebut, diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh pemuda Berau untuk meluangkan waktu mereka dengan sebaik-baiknya. Hal itu dapat menjauhkan diri pemuda dari pengaruh buruk narkoba dan kenakalan remaja lainnya.

"Dengan adanya kegiatan pemuda seperti ini tentu akan sangat berdampak baik bagi pemuda Berau. Semua bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk hal-hal yang lebih baik dari hanya sekadar nongkrong tidak jelas dan bisa berpotensi dekat dengan pergaulan bebas. Apalagi expo ini tanpa bantuan dana hibah, mereka mampu membuktikan diri dengan menggelar expo pemuda ini, biasanya expo hanya dilakukan pemerintah saja, hal inilah yang patut untuk di acungi jempol ," pujinya.

 

Untuk itu, ia berharap kegiatan serupa dapat terus dikembangkan dengan merangkul seluruh pemuda dari semua kalangan.

"Semoga kegiatan-kegiatan semacam ini bisa terus diselenggarakan untuk menciptakan ruang kegiatan bagi pemuda-pemuda kita khususnya untuk berkarya," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Berau, Sakirman mengatakan, terselenggaranya kegiatan tersebut tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan seluruh pemuda. Tidak hanya sebagai wadah hiburan, expo tersebut juga ditujukan untuk melahirkan pemuda-pemuda Berau yang mampu menghasilkan karya, kreatif, inovatif, mampu bersaing dan tidak tergoda oleh narkoba.

Tujuan digelarnya Expo tersebut oleh KNPI, dikatakan Sakirman, murni untuk membantu ekonomi PKL, baik dari Berau maupun dari Kabupaten tetangga yang ikut berpartisipasi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini sampai dapat terselenggara. Semoga dapat terus berjalan lancar sampai akhir kegiatan. Dan perlu diketahui, kegiatan ini kami rancang bukan sekadar sebagai hiburan saja, tapi ke depan melalui berbagai kegiatan seperti ini akan lahir banyak pemuda yang bisa diandalkan dalam berkarya dibidangnya masing-masing

 

Ditanya soal kucuran dana yang tidak sedikit, Sakirman mengatakan, dana untuk pagelaran Expo ini murni dari pihak ketiga atau sponsor yang mendukung kegiatan ini

“Ini murni dari pihak ketiga, dan tidak ada campur tangan pemerintah, karena sejak awal pembentukan KNPI kami memang tidak menerima dana hibah. Meski begitu, Alhamdulillah kami acara kami didukung pihak ketiga dan mampu menyediakan sekitar 60 tenda dan melibatkan 150 PKL,” tutupnya.

Pantauan beraunews.com, ratusan masyarakat yang memadati arena expo pemuda tampak antusias memilih barang-barang yang disediakan para penjual, lantaran harga yang relatif terjangkau.(Marta)