Momen Sumpah Pemuda, KNPI Tingkatkan Kreativitas Pemuda

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-88, DPD KNPI Berau, menggelar berbagai macam kegiatan yang melibatkan ratusan pemuda Berau.

Dengan mengangkat tema ‘Pemuda Bangkit dan Bersatu’ sebelumnya DPD KNPI Berau menggelar seminar nasionalisme di Balai Mufakat, Sabtu (29/10/2016), yang dihadiri kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa, Kodim 0902/TRD dan Polres Berau.

Kemudian disusul pada Minggu (30/10/2016) kemarin, DPD KNPI mengajak ratusan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat untuk menari tarian Maumere secara bersama-sama, di Lapangan Pemuda, Tanjung Redeb, yang dipimpin oleh instruktur dari Skuadron 13/Serbu. Usai kegiatan tari bersama, belasan sekolah yang terdiri dari SMP dan SMA mengikuti lomba kreasi yel-yel dan paduan suara yang diselenggarakan oleh DPD KNPI.

 

Ketua DPD KNPI Berau, Sakirman mengatakan, tujuan kegiatan tersebut guna membangkitkan jiwa nasionalisme para pemuda yang diharapkan menjadi generasi penerus dimasa yang akan datang. Nasionalisme sangat perlu ditumbuhkan dalam jiwa pemuda-pemudi Indonesia agar kesatuan dan persatuan Indonesia tetap terjaga.

“Para peserta kita harapkan nantinya bisa jadi agen perubahan, yakni pemuda yang membawa perubahan ke arah lebih baik untuk Indonesia, khususnya Kabupaten Berau, untuk membangun Bumi Batiwakkal sesuai kapasitasnya sebagai pemuda maupun sebagai pelajar,” ujarnya kepada beraunews.com.

 

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Bupati Berau, Muharram tersebut, terpilih beberapa sekolah yang berhak mendapatkan juara atas kreasi dan inovasinya. Juara I lomba kreasi yel-yel tingkat SMP diraih oleh SMPN 4 Berau, sedangkan ditingkat SMA diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Berau. Sementara juara satu untuk lomba paduan suara tingkat SMP diraih oleh SMPN 3 Berau dan ditingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Berau.

“Lewat kegiatan ini juga kami harapkan kreativitas pemuda Berau terus terbangun, bukan hanya sekadar juara, namun juga menambah wawasan dan pengalaman pemuda-pemudi sendiri,” tandasnya.(Marta)