SMKN 3 dan SMPN 38 Juara LKBB II Garapan PPI

 

TANJUNG REDEB – Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Berau yang diikuti 27 tim dari SMP dan SMA se-Kabupaten Berau di GOR Taruna, Tanjung Redeb sejak Sabtu (22/10/2016) hingga Minggu (23/10/2016) berlangsung meriah.

SMK Negeri 3 dari Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan dan SMP Negeri 38 dari Kecamatan Biatan berhasil menjadi yang terbaik dan memboyong piala bergilir dari Bupati Berau dan Ketua DPRD Berau. Piala bergilir diserahkan langsung oleh Bupati Berau, Muharram bersama Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah, pada upacara penutupan LKBB PPI, Minggu (23/10/2016) sore.

Selain piala LKBB PPI, setiap peserta yang menjadi pemenang juga menerima piala tetap dari Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso. Piala tetap merupakan lomba baris berbaris dalam program Komsos Kreatif Kodim 0902/TRD yang bekerja sama dengan PPI.

Bupati Berau, Muharram dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para pengurus PPI Berau yang telah menggagas kegiatan LKBB tingkat SMP dan SMA sebagai bagian kegiatan positif generasi muda Kabupaten Berau.

BACA JUGA : LKBB II Garapan PPI Resmi Dibuka

Ia juga memberikan apresiasi terhadap jumlah peserta yang mengikuti lomba. Terlebih peserta tidak hanya dari Tanjung Redeb, namun juga dari kecamatan terjauh di Bumi Batiwakkal.

“Saya memberikan suport dan apresiasi kepada pengurus dan anggota PPI Berau yang menggagas acara ini,” ungkapnya.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan tidak lagi sulit untuk mencari bibit-bibit pengibar bendera sang merah putih setiap tahunnya, jika LKBB ini dilaksanakan rutin setiap tahun sebelum peringatan 17 Agustus.

"Karena dengan para pesertanya yang telah terlatih, maka tidak lagi sulit untuk pembinaan kedepannya. Terlebih penampilan yang ditunjukkan para peserta juga sudah sangat luar biasa," katanya.

Dari lomba ini juga menjadi modal dasar bagi para peserta untuk ke jenjang yang lebih tinggi, baik saat ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah seperti STPDN, sekolah akademi mililiter maupun akademi kepolisian sudah lebih siap.

“Paling tidak satu poin sudah dimiliki para peserta untuk bisa lolos,” ungkapnya.

 

Para peserta LKBB ini merupakan putra putri pilihan di sekolah, karena mereka yang cenderung bisa melakukan baris berbaris, juga diiringi dengan beberapa sikap yang mencerminkan kedisiplinan.

“Disiplin, bertanggungjawab dan cerdas yang dimiliki dari setiap peserta ini harus terus dimiliki para peserta, baik di sekolah maupun di luar sekolah,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah juga memberikan apresiasi kepada PPI Berau yang dengan berbagai programnya turut memberikan pembinaan kepada generasi muda. Sehingga generasi muda Berau memiliki kegiatan positif dari terhindari  kenakalan remaja hingga terhindar dari bahaya narkoba. Tidak hanya melalui LKBB, namun PPI Berau juga telah melaksanakan berbagai program yang diharapkan Ketua DPRD dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.(Marta)