Musda KNPI Berau Versi Dona Di Gelar Rabu Ini, Kredibilitas Salah Satu Bakal Calon Dipertanyakan

 

TANJUNG REDEB – Musyawarah Daerah DPD KNPI Kabupaten Berau ke XIII versi Dayang Donna Walfiares Tania atau Dayang Donna Faroek, akan dilaksanakan Rabu (28/9/2016), di Hotel Grand Parama, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb.

Disampaikan Ketua Steering Committee (SC), Fathur Rahman, melalui Ketua Caretaker Achmad Muliadi, pelaksanaan musda tersebut merupakan hasil rapat dan konsolidasi Tim Caretaker bersama dengan SC beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan kelancaran musda tersebut, seluruh peserta musda diharapkan untuk melakukan penyerahan dan verifikasi data (SK OKP) yang ditetapkan waktunya sejak 20 hingga 26 September mendatang, di Sekretariat Panitia, Jalan AKB Sanipah I, Gang Empat, Kelurahan Bugis.

“Sebelum musda perlu dilakukan verifikasi data OKP peserta musda. Maka berdasarkan tanggal yang telah ditetapkan kami harapkan seluruh OKP telah menyerahkan data mereka. Terakhir pada 26 September pukul 17.00 Wita,” ungkap Muliadi saat bertandang ke Kantor beraunews.com, Minggu (25/9/2016) didampingi Saidin Saputra, selaku Ketua Panitia Musda dan Koordinator Steering Committee (SC), Nasrul.

Sementara itu, berdasarkan waktu pelaksanaan musda yang telah ditetapkan, maka waktu pendaftaran untuk bakal calon Ketua KNPI Berau periode 2016-2019, resmi dibuka sejak Kamis (22/9/2016) lalu dan akan berakhir pada besok, Senin (26/9/2016).

“Untuk pengambilan formulir kepesertaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Disamping itu, dikatakan Saidin Saputra, saat ini sudah ada puluhan OKP yang mendaftarkan diri sebagai peserta musda tersebut. Bahkan data OKP sudah diverifikasi oleh pihak panitia. Meski dilaksanakan secara terbuka bagi OKP mana pun, namun pihaknya mengaku tetap memprioritaskan OKP yang berada ditubuh KNPI versi Donna.

“Kita welcome, OKP mana pun yang mau mendaftar kita persilahkan. Tapi nanti yang menentukan adalah hasil verifikasi data,” ujarnya.

Sementara itu, Nasrul, menanggapi terkait dengan adanya kabar beredar yang menyebutkan salah satu bakal calon Ketua KNPI Berau versi Donna telah mengikuti musda pada KNPI Berau versi Khoiruddin beberapa waktu lalu, hingga saat ini pihaknya belum menerima pendaftaran secara resmi dari pihak yang bersangkutan.

“Sampai saat ini yang bersangkutan belum terdaftar secara resmi,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, jika benar yang bersangkutan mencalonkan diri kembali pada musda versi Donna, maka keputusan diterima atau tidaknya pencalonan tersebut kembali pada keputusan forum.

Namun ketika berbicara Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI yang menegaskan, setiap prosedur pencalonan Ketua KNPI harus mengikuti AD/RT yang berlaku, maka loyalitas dan kredibilitas setiap bakal calon tetap diperhitungkan.

“Tapi secara etika, menurut saya tidak layak seseorang yang sebelumnya telah mengikuti musda dilain dan dinyatakan bahwa tidak akan ada lagi musda selain musda pada saat itu, lalu tiba-tiba kembali mengikuti musda yang saat ini akan dilangsungkan. Meskipun instruksi dari Kaltim musda ini terbuka, tapi jika benar yang bersangkutan kembali mencalonkan diri di musda kali ini, maka sama saja melanggar perjanjian yang pada saat itu telah ditetapkan,” ungkapnya.

Sementara ini, sudah ada sekitar 4 calon Ketua DPD KNPI Berau yang mendaftarkan diri dalam musda tersebut. Namun jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah. Diantara bakal calon Ketua DPD KNPI Berau tersebut antara lain, Surya Darma, Arman Nofriansyah, Fitrial Noor dan Achmad Muliadi. Namun, kabarnya Fitrial Noor tak bersedia mencalonkan diri.(Marta)