Ketua Porlasi Kaltim : Pokoknya Layar Harus Juara Umum PON 2016

TANJUNG REDEB – Target sapu bersih medali emas dari cabang olahraga (cabor) Layar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016 sebagaimana dicanangkan instruktur pelatih layar Berau, Kosim Norseha, ditanggapi Ketua Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Kaltim, Teddy N. Abay. 

Teddy mengatakan, hingga saat ini, Tim Cabor Layar Kaltim tak alami kendala apa pun menghadapi PON nanti. Apalagi, dari 17 atlet layar Provinsi Kaltim, 15 diantaranya putra putri Berau asal Kampung Tanjung Batu. Baginya, tak ada alasan untuk tak raih target juara umum di kelas optimis (usia 8-14 tahun-red), yakni 5 emas dari 16 emas.

“Tahun ini prestasi cabor layar harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu juara umum. Saya tidak mau mendengar alasan apa pun dari pihak tim pelatih, pokoknya harus sesuai dengan apa yang ditargetkan, semuanya harus siap,” tegasnya saat dihubungi beraunews.com.

Dikatakan Teddy, target ini, bukan tanpa alasan. Selain, didukung penuh oleh Pemkab Berau, layar juga diasuh oleh PT Berau Coal, perusahaan batu bara terkemuka dikancah nasional. Ditambah lagi, sejak tahun 2012, pelatihan cabor layar dipusatkan di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

“Di PON mendatang kami harus memberikan hasil yang memuaskan. Sebab, kami berkomitmen atlet layar Kaltim bisa mengikuti Asean Games dan Olimpiade yang membawa nama harum Negara Indonesia. Itu harapan kami. Untuk itu, kami minta doa semua pihak agar target dan harapan kami ini tercapai,” harap pria yang juga menjabat GM Division Head CSR PT Berau Coal ini.

Sebagai tahap awal, lanjut Teddy, para atlet layar rencananya akan diberangkatkan ke Singapura untuk ikuti kejuaraan Singapore National Sailing Championship (SNSC) pada 9-12 Juni mendatang. Kejuaraan itu sekaligus sebagai ajang try out guna mengukur kemampuan dan mempertajam kemampuan atlet.

“Tanggal 7 Juni mendatang, kami akan membawa empat atlet layar kita di kelas optimsi ke Singapura untuk mengukur kemampuan sebelum menghadapi PON. Keempatnya adalah Syarif Hidayatullah, Dia Tri Utami, Zenriadi dan Fitriayana,” tutupnya seraya mengatakan, selain ke Singapura, atlet layar juga bakal menjalani try out di Kinabalu, Malaysia.(ea)