Anggaran Dipangkas, Pembangunan Stadion Tertunda Lagi

TANJUNG REDEB – Satu persatu dampak pemangkasan anggaran yang dialami Kabupaten Berau mulai bermunculan. Setelah lelang proyek terancam gagal, kini rencana pembangunan stadion sepak bola pun dipastikan kembali tertunda. Hal itu diungkapkan Asisten II Setkab Berau, Samsul Abidin di sela-sela penutupan Piala Asosiasi PSSI Kabupaten Berau (Askab) U-17 tahun 2016, Jum’at (19/8/2016).

Dalam sambutanya, Samsul mengatakan, pengajuan usulan pembangunan stadion yang diusulkan Koni Berau bersama pengurus Askab dipastikan tak bisa ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini, menyusul pemangkasan APBD tahun anggaran 2016 hingga mencapai Rp700 miliar.

"Saya tadi dapat bisik-bisik dari Ketua Koni (M.W Al-Hamid-red), agar bisa mengupayakan stadion. Lewat momen ini saya sampaikan, APBD kita lagi dipangkas, jadi saya pastikan untuk saat ini usulan tersebut belum bisa direalisasikan," ungkapnya dihadapan tamu undangan.

Namun demikian, alternatif lain yang dapat dilakukan, dikatakan Abidin, dengan melakukan rehabilitasi stadion sepak bola yang ada di kecamatan sekitar dan pusat kota Tanjung Redeb. Pasalnya, selain dapat dilakukan dalam waktu dekat, menurut Abidin, stadion dalam kota telah sesuai standar nasional, hanya saja diakui memang minim perawatan, sehingga ketika hujan turun terdapat sejumlah genangan.

" Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66/2016 tentang Rincian APBD tahun anggaran 2016 membuat kita jadi lemas. Defisit anggaran bukan cuma kita, tapi di provinsi juga sama," ujarnya.

BACA JUGA : Soal Penurunan APBD, Dispenda : Dana Transfer Terlalu Dipaksakan

Sementara, Ketua Koni Berau, M.W Al-Hamid mengaku cukup memahami jika kondisi keungan daerah tengah mengalami defisit akibat adanya pemangkasan dari pusat.

"Iya sudah dengar terkait adanya defisit itu. Yang bisa kita lakukan mungkin bersabar lebih lama lagi untuk bisa menikmati stadion yang layak," ujarnya.

Terkait usulan Asisten II soal rehabilitasi lapangan sepak bola yang ada saat ini, Koni Berau menyambut baik usualan tersebut. Menurut Al-Hamid, perbaikan itu sangat diperlukan menyusul beberapa lapangan sepak bola masih tak memiliki pagar.

"Walau pembangunan stadion baru sudah sangat mendesak, tetapi dengan adanya defisit anggaran, kalau bisa proses rehabilitasi stadion yang ada tetap bisa dilakukan tahun ini, kami akan segera surati Bupati," pungkasnya.(msz)