Apresiasi Road Race, Pemkab Bakal Bangun Sirkuit Permanen

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Cup Kejurprov Road Race Seri II, yang digelar di sirkuit balap non permanen, Kakaban Aquatic, resmi dibuka Bupati Berau, Muharram, Sabtu (30/7/2016) pukul 09.00 Wita. Event ini ramai diikuti pembalap-pembalap muda Berau dan luar Berau, untuk adu nyali dan kecepatan.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi kegiatan tersebut dan berjanji untuk menyiapkan fasilitas penunjang, seperti sirkuit balap permanen. Selain itu, ia juga mengungkapkan harapannya kepada seluruh pemuda Berau untuk dapat menyalurkan bakat dan minat mereka di tempat yang tepat, sehingga tak hanya sekadar menjadi hobi namun bisa menjadi prestasi.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, bukan hanya sekadar mendukung tapi ke depan kita berupaya untuk membangunkan fasilitas sirkuit permanen," ungkapnya.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkab melalui Bupati Cup bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau tersebut ditujukan untuk menjadi wadah menyalurkan bakat para pemuda Berau dalam dunia balap motor.

Suprianto, Kepala Dispora Berau, menyampaikan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan sirkuit permanen di Kabupaten Berau. Hal itu dilakukan mengingat tingginya antusias pemuda Berau dalam mengikuti dan menyalurkan bakat mereka pada ajang Road Race dari tahun ke tahun.

"Untuk sirkuit balap permanen memang hingga saat ini belum ada, tapi kami sudah mulai merencanakan beberapa lokasi untuk pembangunan sirkuit tersebut," katanya.

Sementara Ketua Panitia, Yogi Nugroho mengatakan, ditunjuknya Berau sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurprov Road Race Seri II ini, menjadi bukti kepercayaan IMI kepada Berau yang terbukti sukses menyelenggarakan kegiatan serupa di tahun ebelumnya.

"Kali ini kita dipercaya lagi jadi tuan rumah. Tidak menutup kemungkinan tahun selanjutnya kita dipercaya lagi. Jadi dengan begitu kita sudah 3 kali mengadakan event serupa dalam setahun terakhir, yang akan datang sekitar bulan Oktober mendatang," jelasnya.

Disebutkannya, ada 14 kelas yang ditandingkan dalam kejuaraan kali ini dan diikuti lebih dari 300 pembalap dari Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Yogyakarta dan Pulau Jawa.

Yang menarik, selaku tuan rumah, Berau mengikutkan 2 peserta wanita dalam kejuaraan tersebut. Kedua peserta wanita itu pun tetap dikategorikan sebagai peserta umum dan ikut bertanding bersama pembalap lainnya.

Bentuk dukungan juga ditunjukkan DPD KNPI Berau, yang juga menghadiri acara pembukaan Road Race tersebut. Dalam kesempatan itu, Ketua KNPI Berau, Sakirman mengatakan, pihaknya mendukung penuh seluruh kegiatan yang dapat merangkul pemuda dengan bakatnya.(mta)