Tahun Depan, Dispora Gencarkan SKJ Masuk Desa

 

TANJUNG REDEB – Sebagai bentuk melestarikan gerakan senam guna kesehatan dan kebugaran jasmani, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, akan melaksanakan program Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Masuk Desa.

Program yang rencananya akan dimulai pada tahun 2018 mendatang, disampaikan Kepala Bidang Olahraga, Syailansyah, merupakan pertama kali yang akan dilaksanakan pihaknya.

“Kalau program ini jalan, maka ini yang pertama kali kita punya program SKJ Masuk Desa. Meskipun kita tidak tahu apakah masyarakat di desa sendiri rutin atau justru tidak pernah melaksanakan yang namanya senam untuk kebugaran jasmani mereka,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (13/04/2017).

Program tersebut dikatakannya sebagai pembangkit semangat bagi masyarakat desa untuk menghidupkan kembali senam rutin yang sudah mulai jarang dilakukan masyarakat.

Untuk melahirkan instruktur senam yang dapat mengajak masyarakat desa bersemangat dalam melaksanakan senam kesegaran jasmani, nantinya Dispora akan mendatangkan langsung beberapa instruktur senam yang akan melatih masyarakat desa.

“Supaya mereka menguasai gerakan senam, nantinya akan kita ambil dari masyarakatnya, entah itu ibu PKK atau warga lainnya, agar bisa kita latih bersama instruktur langsung dari Jakarta, yang sudah profesional,” jelasnya.

Adapun yang diharapkan pihaknya melalui program tersebut ialah tumbuh kesadaran masyarakat untuk meluangkan waktunya berolahraga demi kesehatan masyarakat desa.

“Sudah waktunya kita berpikir hidup sehat. Kalau dalam seminggu kita kegiatan 6 hari, maka seharinya itu khususkan untuk olahraga walaupun sebentar,” katanya.

Beberapa waktu lalu pihaknya bahkan telah mengunjungi sejumlah kecamatan dalam rangka membangkitkan semangat berolahraga masyarakat desa. Antusias masyarakat pun cukup tinggi menyambut hal tersebut.

“Bahkan kita sudah uji coba, misalnya di Pulau Maratua, masyarakatnya antusias sekali diajak senam. Meski hujan, tidak meredakan semangat mereka datang ke pendopo desa untuk mengikuti senam,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia