Dispora Berau Wacanakan Pendirian SKOI

 

TANJUNG REDEB – Kunjungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) Kalimantan Timur beberapa waktu lalu guna mengagendakan talent scouting (pemanduan bakat) di Kecamatan Maratua, membuat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau memiliki wacana mendirikan SKOI di Kabupaten Berau.

Kepala Dispora Berau melalui Kepala Bidang Olahraga, Syailansyah mengatakan, cabang olahraga (cabor) yang akan dibina SKOI Berau ada 5, yakni selam kolam, loncat indah, renang, dayung dan sky air.

“Untuk tiga cabor seperti selam kolam, loncat indah dan renang kita telah memiliki fasilitas kolam renang yang bertaraf nasional. Dan untuk dayung dan sky air, nantinya kita akan bekerjasama dengan perusahaan tambang yang memiliki lobang bekas tambang dan lokasinya berada di dekat Tanjung Redeb, setelah itu akan kita gunakan menjadi waduk,” katanya,

Disinggung mengenai asrama yang akan digunakan bagi para Atlet, Syailansyah mengatakan, akan memanfaatkan Gedung Sanggar Bersama (SKB) yang berada di Jalan Ramania untuk dijadikan asrama, namun akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Pendidikan selaku pemilik gedung tersebut.

“Untuk asrama sudah ada tempat yang akan dipilih. Untuk tempat belajar akademik para atlet sendiri, kemungkinan kita akan meminta satu ruangan kepada Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 yang berada di depan gedung SKB agar bisa digunakan untuk para atlet SKOI,” ucapnya.

Wacana tersebut rencananya akan dilakukan pada 2017 mendatang, namun belum ada kepastian mengingat adanya defisit anggaran yang melanda saat ini.

"Semua ini masih wacana. Tapi akan kita coba bahas dengan pemerintah daerah, siapa tahu mereka berkenan dan menyetujui wacana kami ini. Maka tentunya hal tersebut akan semakin membuat prestasi kita semaki baik, karena atlet-atlet yang menjadi bibitan SKOI kebanyakan berprestasi di tingkat provinsi bahkan nasional,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)