Dipanggil Wabup, Kadispora Sebut Hadiah Lari 10k Dalam Tahap Pencairan

 

TANJUNG REDEB – Polemik hasil lomba lari 10k yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau akhirnya terjawab, melalui Wakil Bupati, Agus Tantomo saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, jika dirinya telah melakukan pemanggilan terhadap panitia pelaksana dan juga Kadispora, Suprianto untuk memberikan penjelasan terkait polemik yang terjadi pasca lomba.

Dari pertemuan yang berlangsung selama hampir 1 jam, diketahui terdapat sejumlah kesalahpahaman antara peserta dan pihak panitia, lantaran ada beberapa peserta yang berhasil finish terlebih dahulu, ternyata tidak melakukan start dari awal, melainkan sudah dari pertengahan jalan. Sehingga, panitia memutuskan menunda pengumuman pemenang guna melakukan perundingan terkait keputusan final dari juara untuk kategori umum.

“Mereka bingung dari beberapa peserta yang finish di depan, ternyata tidak ikut start dari awal, mereka datang terlambat kemudian pas ketemu rombongan di jalan langsung gabung hingga finish. Kemudian selama lomba, kan ada beberapa pos disiapkan, setiap melintasi pos, peserta akan dapat kupon, nah mereka pas diminta kupon hanya sebagian dari total kupon yang diwajibkan,” ungkap Wabup kepada awak media, Rabu (28/9/2016).

BACA JUGA : Lomba Lari 10k Jadi Viral Di Medsos, Wabup Akan Panggil Dispora

Terkait total hadiah, Wabup mengatakan, jika hadiah yang disediakan panitia memang mencapai Rp85 juta. Namun, jumlah tersebut untuk 5 kategori lomba, yakni kategori pelajar putra dan putri, kategori umum putra dan putri serta kategori veteran, dengan masing-masing kategori mendapatkan total hadiah Rp17 juta.

Proses pencairan hadiah, memang harus tertunda akibat dari penentuan pemenang untuk kategori umum yang sempat terhambat. Sementara, syarat pencairan anggaran wajib melampirkan daftar nama pemanang. 

Bahkan Kadispora, dikatakan Wabup, mengaku jika dalam proses pembayaran hadiah bagi pemenang yang berasal dari luar Kabupaten Berau, pihak panitia terpaksa melakuan pembayaran terlebih dahulu menggunkan dana pribadi yang diambil dari kantong setiap panitia.

“Dananya benar Rp85 juta, setiap kategori hadiahnya Rp17 juta yang dibagi untuk 10 pemenang setiap kategori. Pembagian hadiahnya juga sama semua kategori, Juara 1 sebesar Rp3,5 juta dan paling rendah juara 10 sebesar Rp650 ribu. Jadi kalau di total Rp17 juta dikalikan 5 kategori pas Rp85 juta,” bebernya.

Wabup menambahkan, setelah melakukan seleksi yang cukup ketat, saat ini pihak panitia telah mengeluarkan nama-nama pemenang di setiap kategori lomba. Dengan demikian, diminta kepada para pemenang lomba dapat bersabar, mengingat dana yang disiapkan untuk hadiah lomba, dalam tahap pencairan.

“Saya harap teman-teman atlet atau peserta lomba yang sudah diumumkan jadi juara tapi dananya belum keluar mohon sabar sebentar. Saat ini saya sudah perintahkan untuk segera diproses dan memang dalam tahap proses pencairan, dalam waktu dekat hadiah akan segera dibagikan,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)