Lomba Lari 10k Hampir Rusuh, Ini Sebabnya

 

TANJUNG REDEB – Pelaksanaan lomba lari maraton 10k se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2016, menuai protes dari peserta hingga nyaris bentrok dengan panitia pelaksana.

Surasdianto salah seorang peserta mengaku, jika kekesalan peserta memuncak ketika panitia mengumumkan pemenang lomba lari maraton 10k hanya untuk dua orang dari kategori pelajar. Sementara untuk kategori umum, tidak ada pemenang lomba. Akibatnya dapat ditebak, para juara lari maraton katagori umum jelas kesal hingga meluapkan kemarahan mereka kepada pihak panitia.

“Bagaimana kita tidak kesal, sudah menunggu panas-panas pengumuman juara kategori umum ternyata tidak di panggil-panggil, cuma untuk kategori pelajar saja yang keluar juara. Hampir rusuh untung banyak yang lerai,” ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (25/9/2016).

Bukan hanya soal hasil lomba maraton yang diprotes peserta, kekesalan peserta semakin bertambah ketika hadiah yang diberikan tak sesuai dengan apa yang dijanjikan pihak panitia, yakni total hadiah mencapai Rp85 juta.

“Dispora memang kalau buat acara tidak pernah beres. Lihat saja yang sekarang, hadiah yang disiapkan panitia tidak sesuai dengan yang tertulis di spanduk dimana total hadiah Rp85 juta, tapi lihat tadi peserta pelajar saja cuma dapat hadiah Rp3,5 juta itupun masih dipotong pajak. Kita habis lari 10k loh, yang sesuai saja hadiahnya," tegasnya seraya mengingatkan jika lomba ini merupakan tingkat provinsi dan dampaknya akan mempermalukan Kabupaten Berau.

Terkait protes keras dari peserta, Dispora Berau menjanjikan pengumuman pemenang kategori umum akan dilakukan, Senin (26/9/2016) besok di halaman Kantor Dispora kawasan Jalan Gatot Subroto Tanjung Redeb.

“Untuk peserta lomba maraton 10k kategori umum, akan diumumkan besok Senin di halaman Dispora,” tutur suara misterius panitia dari balik pengeras suara.

Lomba lari maraton yang baru pertama kali dilaksanakan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, dimana start dimulai dari Kecamatan Sambaliung dan finish di lapangan Pemuda Tanjung Redeb serta diikuti setidaknya 700 orang peserta, dengan kategori pelajar dan umum.(M.S. Zuhrie)