Ini Solusi Yang Ditunggu Masyarakat, PLN Rencanakan Penambahan Mesin 10 MW

TANJUNG REDEB – Guna memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Berau, PT PLN Area Berau dan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) telah melakukan koordinasi terkait rencana penambahan mesin di Perusahaan Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sambaliung di tahun 2017 mendatang.

Kepala Distamben Berau, Mappasikra Mapaselleng mengatakan, pihaknya memang sudah melakukan pertemuan atau koordinasi dengan PLN untuk membahas tambahan mesin 1 x 10 MW (megawatts) di PLTD Sambaliung.

“Kemarin membahas rencana penambahan mesin 1 x 10 MW itu yang informasinya dalam proses lelang dan akan direalisasikan pada 2017 nanti,” ungkapnya saat dikonfirmasi beraunews.com, Selasa (26/7/2016).

Saat ini, dikatakannya, PLTD hanya memiliki mesin dengan kapasitas 1,2 MW dan sewa mesin milik PT Kaltimex Energy sebesar  5,6 MW. Untuk memenuhi kebutuhan listrik yang saat ini mencapai 21 MW lebih, perlu adanya penambahan mesin tersebut.

“PLTU memiliki 3 x 7 atau 21 MW  dan yang kontrak PLN 15 MW. Kalau rencana penambahan ini berjalan, PLTU Lati akan leluasa melakukan pemeliharaan tanpa ada pemadaman bergilir lagi. Jadi, dengan itu semua sudah mencukupi untuk kebutuhan listrik di Berau,” tambahnya.

Terpisah, Manager PT PLN Area Berau, Adi Prasetyo melalui Manager Rayon Tanjung Redeb, Mufid Arianto mengatakan, terkait penambahan mesin di PLTD Sambaliung tersebut memang sudah masuk dalam proses lelang. Saat ini tidak ada kendala yang menghambat dan diharapkan bisa segera direalisasikan.

“Mudah-mudahan saja tidak ada kendala dan bisa direalisasikan tahun 2017 nanti, dan bisa segera kita operasikan guna memperkuat sistem Tanjung Redeb,” bebernya.

Jika dilihat, kebutuhan di Kabupaten Berau saat ini masih dikisaran 21 MW, namun jika ada penambahan sambungan nantinya kebutuhan bisa mencapai 25 MW.

“Makanya kita masih upayakan untuk penambahan mesin yang masih dalam proses lelang. Jika itu sudah terealisasi, maka tidak akan ada pemadaman meski ada perawatan 1 atau 2 mesin (di PLU Lati-red),” pungkasnya.(dws)