Pembenahan Dermaga Maratua Ditargetkan Tahun Depan

TANJUNG REDEB – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) merespon cepat penyampaian Bupati Berau, Muharram terkait kurang optimalnya pemanfaatan dermaga di Pulau Maratua. Sebab, dermaga yang dibangun senilai Rp5 milliar menggunakan APBD Kabupaten tahun 2015 tersebut memiliki keterbatasan manfaat terhadap seluruh kapal yang akan sandar, khususnya kapal dengan tonase lebih besar. Lagipula, disebutkan dalam perencanaan pembangunan kurang matang karena tidak mendekati titik terdalam air.

Sehingga dermaga ini  akan menjadi salah satu target pembenahan di pemerintahan tahun ini. Kepala Dishubkominfo, Abdurrahman U menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyusun perencanaan proyek penambahan panjang dermaga sesuai dengan apa yang dievaluasi saat peninjauan langsung dilapangan bersama Bupati pekan lalu.

“Saya dan Bupati sendiri langsung membicarakan terkait kurang optimalnya dermaga yang telah terlanjur selesai, karena itu Bupati inginkan kami segera menyusun perencanaan dan sementara ini dalam proses,” tuturnya saat dihubungi beraunews.com, Senin (25/7/2016).

Dikatakannya, jika dermaga di Pulau Maratua itu dinilai kurang optimal lantaran air disisi paling luar dermaga tempat dimana kapal berlabuh masih kurang dalam,  sehingga kapal tidak bisa merapat ke dermaga terlebih saat air surut. Dengan demikian, keberadaan dermaga tersebut dinilai belum sesuai dengan harapan masyarakat seluruhnya. 

“Rencananya panjang dermaga itu akan ditambah maju ke depan ke arah laut sekitar delapan sampai sembilan meter, karena saat ini kita ketahui kapal tidak bisa berlabuh ke dermaga lantaran mengalami hambatan yang disebabkan air laut di depan dermaga terlalu dangkal, contohnya saja seperti kapal milik TNI AL yang sempat  gagal merapat ke dermaga waktu itu,” jelasnya lagi.

Meski tidak menyebutkan nilai anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan penambahan panjang dermaga tersebut, pihaknya menargetkan perencanaan selesai tahun ini, agar bisa dikerjakan juga di tahun 2017 nanti. Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui sumber dana anggaran yang akan digunakan, apakah melalui APBD Kabupaten ataukah APBN.

“Semuanya masih proses dan perlu persetujuan dari banyak pihak terkait rencana ini. Intinya kita mau perencanaannya selesai secepatnya dan ditargetkan dikerjakan di tahun depan. Jika sudah terealisasi, maka besar kemungkinan pemanfaatan dermaga di Maratua itu bisa lebih maksimal,” tutupnya.(ea)