Selangkah Lagi Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman Terwujud

TANJUNG REDEB – Menanggapi pemberitaan sebelumnya terkait peremajaan Dermaga Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-Biduk, Ketua Komisi I DPRD Berau, Abdul Waris menyebutkan rencana itu memang harus dilakukan. Mengingat, sejalan dengan rencana pembangunan yang ada dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di tingkat Kecamatan Biduk-Biduk tahun 2015 dan 2016.

“Dari dulu kita memang prihatin akan kondisi dermaga itu dan dalam dua kali Musrembang Kecamatan Biduk-Biduk, itu menjadi prioritas utama,” katanya kepada beraunews.com, Kamis (21/7/2016).

Berjalannya rencana pembangunan itu, dijelaskan Waris, terbukti dengan telah adanya pengerjaan proyek untuk studi kelayakan proyek atau disebut feasibility study (FS) dan proyek perencanaan fisik atau Detail Engineering Design (DED).

Dinas perhubungan menurutnya, sudah menganggarkan DED sama FS ditahun ini, bahkan sudah dilelang dan tinggal fisiknya. Diharapkan  tahun 2017 nanti, sudah ada pembangunan fisiknya.

Dari segi lahan, ditambahkan Waris, untuk pembangunan fisik dermaga itu tidak akan menemui kendala sebab pemerintah kampung telah menyelesaikan urusan administrasi yang ada sebelumnhya.

Kemudian, dari segi teknis, ditambahkan Waris lagi, juga tidak akan menemui kendala sebab dari sisi alam, yakni keberadaan karang sangat jarang dan tingkat kedalamannya cukup tinggi. 

“Dari segi teknis, kelayakan sisi alam tidak ada kendala. Karang tidak ada dan sekarang ini masih dipakai bongkar muat, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak dianggarkan pelabuhan itu. Dan itu, satu-satunya pelabuhan yang ada di pesisir dan sangat layak,” tambahnya lagi.

Terkait tata letak dan bentuk dermaga, diungkapkan Waris, itu akan mengikuti hasil studi kelayakan dan perencanaan fisik proyek yang saat ini sedang dikerjaan pihak ketiga. Selain sebagai dermaga penyeberangan ke objek wisata, dermaga ini pun akan dibuat untuk pelabuhan bongkar muat barang dan jasa.

Terakhir, diharapkan Waris, pembangunan fisik dermaga itu bisa betul-betul terlaksana dengan menggunakan APBD tahun 2017, mendatang. Kedepannya, dermaga ini juga akan meningkatkan perputaran ekonomi yang ada di wilayah tersebut.(sai)