Bulan Ini, Diskoperindag Bangun Pasar Di Talisayan

TALISAYAN – Dinas Koperasi Perindustrian dan Koperasi (Diskoperindag) Berau bakal segera membangun pasar rakyat di Talisayan. Seperti disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Diskoperindag, Yusriansyah, jika pihaknya akan segera merealisasikan pembangunan pasar sesuai keinganan masyarakat guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Lokasinya ada di Kampung Bumi Jaya dengan anggaran kontrak sekitar Rp769 juta. Dalam bulan ini juga akan dikerjakan," ungkapnya saat dikonfirmasi beraunews.com, Selasa (19/7/2016).

Saat ini disampaikannya, lokasi yang akan dibangun pasar tersebut juga sudah mulai ada aktivitas, seperti kegiatan pengurukan, dan pematangan lahan. Bahkan pihaknya juga telah menyampaikan pada masyarakat Bumi Jaya terkait pembangunan pasar tersebut. Apalagi letak pasar sendiri juga sangat strategis, karena posisinya berada langsung di tepi poros jalan.

Dengan adanya pasar rakyat itu, sudah bisa dipastikan mampu mempercepat gerak perekonomian masyarakat di Kecamatan Talisayan khususnya di Kampung Bumi Jaya sendiri. Selain itu, akan mampu mendorong perkembangan percepatan pembangunan kampung. Tidak hanya itu, masyarakat petani juga akan semakin mudah dalam memasarkan hasil panennya.

"Karena sudah ada wadah untuk penampungan hasil petani, serta PKL (pedagang kaki lima). Jelas ini akan meningkatkan roda perekonomian karena sudah terorganisir, Kemana menjualnya juga sudah jelas tempatnya," jelasnya.

Sejauh ini diakuinya banyak petani mengeluh karena petani disana kurang dapat memaksimalkan hasil panen lantaran minimnya pasaran, serta kesulitan mencari pembeli. Dengan adanya pasar tersebut dikatakannya, setidaknya menjadi solusi bagi petani. Selain itu, petani juga tetap memiliki semangat dalam mengembangkan usaha pertaniannya.

"Jelas akan sangat besar dampak positifnya terutama pada petani disana. Makanya kita berharap proses pembangunannya tidak mengalami kendala," pungkasnya.(hir)