Dana Defisit, Perbaikan Jalan Poros Biatan-Talisayan Batal

TALISAYAN – Meski sudah lama rusak, rupanya jalan poros di kawasan pesisir Kabupaten Berau belum menjadi perhatian serius pemerintah provinsi selaku pihak yang berwenang melakukan perbaikan. Pasalnya, jalan rusak yang ada tidak akan diperbaiki dalam waktu dekat dengan alasan defisit anggaran.

Padahal sudah banyak korban yang mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan yang ada. Tak jarang pengguna jalan yang melintas di sekitar jalan tersebut terpental akibat tak sengaja masuk ke dalam lubang yang ada di sekitar jalan.

Saat dikonfirmasi beraunews.com, PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas PU Wilayah Kaltim-Kaltara, Usman Effendi membenarkan kondisi permukaan jalan yang mengalami kerusakan. Kendati demikian, pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak lantaran minimnya dana yang diperoleh pihaknya dalam melakukan perbaikan jalan.

"Sebenarnya saya sudah masukkan untuk jalan poros Biatan dan Talisayan, tapi berhubung ada pemotongan karena dana Kaltim defisit, terpaksa pemeliharaan kita sampaikan di Tabalar saja," jelasnya.

Ia mengatakan sejauh ini, pihaknya telah melakukan pemeliharaan di wilayah Kecamatan Sambaliung menuju Tabalar. Seperti melakukan perbaikan kerusakan poros jalan yang berada di wilayah Kampung Suaran yang mengarah ke Tabalar dengan cara seperti penimbunan dengan tanah sirtu, semenisasi, dan pengaspalan dalam skala kecil.

Dirinya juga menyampaikan, pihaknya tidak dapat melakukan tindakan yang lebih seperti yang diharapkan warga karena pihaknya hanya berwenang sebatas melakukan pemeliharaan jalan.

"Ya kita hanya sebatas pemeliharaan jalan yang sifatnya sementara saja. Kita tidak dibolehkan kerja yang sifatnya permanen karena itu kewenangannya Bina Marga provinsi," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya akan terus mengupayakan agar poros jalan Biatan menuju Talisayan dapat dilakukan perbaikan, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan. Terutama kendaraan roda dua. Bahkan, pihaknya juga akan mengusulkan perbaikan jalan tersebut di anggaran perubahan.

"Kalau sempat kita masukkan di perubahan, untuk rencana strategi ke depan juga sudah kita masukkan. Ya, jika tidak bisa di tahun ini, diupayakan tahun depan," pungkasnya seraya mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya akan mendata permukaan jalan yang berada di tanjakan-tanjakan yang berada di Suaran menuju Tabalar untuk dilakukan perbaikan.(hir)