Besok, Kampung Pesayan Teraliri Listrik 24 Jam

TANJUNG REDEB – Harapan warga Kampung Pesayan, Kecamatan Sambaliung untuk dapat menikmati listrik selama 24 jam akhir terwujud. Jum’at (15/7/2016) besok, PT PLN Area Berau mulai memasukkan daya listrik ke jaringan listrik yang telah ada di kampung tersebut.

Manager PT PLN Area Berau Rayon Tanjung Redeb, Mufid Arianto mengungkapkan, kurang lebih ada 40 warga mendaftar untuk pemasangan listrik. Besok, pihak akan langsung memasangkan kWh meter di rumah pelanggan yang telah memiliki sertifikat laik operasi (SLO).

“Kemungkinan, hari Jum’at ini kita sudah bisa pasang untuk kWh meter pelanggan. Dan sudah ada pendaftaran, kurang lebih 40 pelanggan. Kalau kemungkinan terburuk, paling hari Senin baru nyala dan Insya Allah, dalam minggu depan itu sudah beres dan tidak ada masalah lagi,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (14/7/2016).

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan uji coba selama empat hari dengan mengalirkan daya listrik pada jaringan yang ada. Hasilnya, jaringan yang ada dinyatakan aman dan akan segera disambungkan ke kWh meter warga yang akan dipasang.

“Kemarin, selama kurang lebih empat hari, kita coba itu sudah aman. Tidak ada masalah untuk jaringannya,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepada Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau, Mappasikra Mappaseleng mengapresiasi hal itu. Dirinya mengaku selalu berkomunikasi dengan PLN untuk persyaratan teknis yang harus dipenuhi dan dipatuhi warga.

“Itu yang memang kita harapkan, lebih cepat. Selama ini, permasalahan yang ada di PLN itu karena ada persyaratan teknis yang harus dijalankan dan tidak bisa dilewatkan. SOP (Standar Operasional Prosedur-red) PLN selaku pemegang ISO, seperti permasalahan pohon yang ada di sepanjang jalur dan harus dipangkas atau ditumbang,” jelasnya.

Ditambahkannya, besok merupakan hari yang tepat untuk memasukkan daya listrik ke rumah warga. Ia berharap dirinya bisa turut menyaksikan proses tersebut di Kampung Pesayan.

“Kalau itu sudah beres, saya kira besok Jum’at adalah hari yang baik. Kalau perlu, On (nyala-red) pertama itu bisa kita hadir bersama-sama warga,” ujarnya.

Sikra (sapaan akran Kadistamben) mengharapkan, werga Berau khususnya warga Kampung Pesayan dapat memberikan dukungan kepada PT PLN guna mewujudkan pelayanan terbaik ke pelanggan.

“Saya kira warga juga perlu memberikan dukungan kepada PLN atas kerja keras yang dilakukannya selama ini. Investasinya besar loh, PLN membangun jaringan dari Suaran hingga masuk Kampung Pesayan. Itu kan jauh, investasi PLN itu sangat besar untuk memenuhi ini,” jelasnya.

Dinilainya, segala prosedur atau tahapan yang dilakukan dan diminta PLN bertujuan agar pelayanan kepada warga dapat berjalan aman dan prima. Ia pun menegaskan agar adanya koordinasi yang intensif antara PLN dengan aparatur pemerintah kampung dan masyarakat.

“Toh kalau ada permintaan PLN, saya kira tinggal koordinasinya saja. Semua kan muaranya untuk kepentingan warga,” pungkasnya.(sai)