Jalan H. Isa III Rusak, Kadishub : Rekomendasi Kami Bukan Izin Menggunakan Jalan

 

TANJUNG REDEB – Kerusakan Jalan H. Isa III akibat terus menerus dilalui kendaraan melebihi tonase jalan, sebenarnya telah diperkirakan oleh berbagai kalangan. Salah satunya oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Berau, Achmad Rijal pada Agustus 2017 lalu.

Kala itu, Rijal mengatakan, penggunaan jalan umum untuk mengangkut kontainer jika terus dilakukan, dikhawatirkan akan berdampak pada ketahanan jalan. Tapi lantaran PT Tempuran Mas (Temas) telah meminta izin ke Dinas Perhubungan Berau, maka hal tersebut menjadi agak dilematis.

Baca Juga : Dilematis Keberadaan PT Temas, Komisi II DPRD Berau Akan Panggil Para Pihak

Kini, kekhawatiran tersebut memang telah terbukti? Lalu bagaimana tanggapan Dinas Perhubungan Berau terkait hal ini. Dikonfirmasi beraunews.com, Kamis (15/02/2018) Kepala Dinas Perhubungan Berau, Abdurrahman Ullang mengakui jika telah memberikan rekomendasi kepada PT Temas. Hanya saja, rekomendasi yang diberikan pihaknya tersebut, bukanlah surat izin mempergunakan jalan, melainkan hanya salah satu persyaratan yang harus dipergunakan PT Temas untuk pengurusan izin penggunaan jalan lebih lanjut kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Berau serta Satuan Lalu Lintas Polres Berau.

 

“Jadi rekomendasi yang kami berikan itu bukan izin melewati jalan itu (H. Isa III dan jalan dalam kota-red), tapi rekomendasi yang diberikan sebagai persyaratan untuk mengurus izin penggunaan jalan kepada dinas atau instansi terkait . Jadi terkait rekomendasi itu jangan sampai disalahartikan,” tegasnya.

Baca Juga : Pemkab Berau Pastikan PT Temas Bertanggung Jawab Kembalikan Mulusnya Aspal Jalan H. Isa III

Terkait kerusakan jalan yang saat ini dikeluhkan masyarakat, Abdurrahman mengatakan, pihaknya telah menyampaikan persoalan itu kepada PT Temas yang diakuinya memang banyak beroperasional menggunakan jalan di sana. Bahkan, pihaknya juga telah mengimbau kepada PT Temas untuk segera membenahi kerusakan jalan dan perusahaan sudah berkomitmen memperbaiki jalan itu.

“Jalan H. Isa III itu sifat tanahnya masih labil, drainasenya juga belum bagus, ketika kendaraan berat melintas, maka terjadi penurunan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum agar dapat memberikan petunjuk tentang perbaikan jalan itu kepada PT Temas yang kebetulan sering melewati jalan tersebut,” tandasnya.(Miko Gusti Nanda/bnc)