Digadang Gantikan Kalstar, Xpress Air Uji Coba Penerbangan di Bandara Kalimarau

 

TANJUNG REDEB - Proving flight (uji penerbangan) pesawat Xpress Air tipe ATR 42-300 kapasitas 48 orang di Bandar Udara Kalimarau telah dimulai, Jumat (02/02/2018) pagi tadi. Sekira pukul 09.40 WITA, Xpress Air sudah mendarat di Bandara Kalimarau setelah berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Kota Tangerang, Banten pukul 04.39 WIB.

Pesawat yang dipiloti Capt. Bayu Teguh dan Capt Sumardwiyanto ini disambut pegawai Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, dalam hal ini diwakili Kepala Seksi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan, Martono dan Kanit Terminal, Iqbal. Hal tersebut disampaikan Station Supervisor Xpress Air Perwakilan Berau, Muharik kepada beraunews.com.

Dikatakannya, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Berau kali ini, bermaksud untuk melakukan proving flight, sebagai salah satu syarat keluarnya izin rute penerbangan untuk melayani penerbangan Berau-Tarakan, Berau-Samarinda, Melak-Balikpapan, Melak-Samarinda, Tarakan-Nunukan, Tarakan-Melak dan sebaliknya.

"Semoga proving flight hari ini berjalan baik dan sesuai harapan Xpress Air. Kami menyadari, masyarakat Berau umumnya sudah menanti hari ini, kami berharap Xpress Air bisa segera melayani penerbangan di Bandara Kalimarau," ujarnya.

 

Ia menambahkan, jika nantinya izin rute penerbangan sudah didapatkan pihaknya dari Direktorat Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, maka khusus pelayanan penerbangan untuk Berau-Tarakan dan Berau-Samarinda dan sebaliknya, direncanakan dilakukan selang seling di hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

“Untuk jam penerbangannya, nanti akan kami sampaikan setelah perizinan kami kantongi. Yang jelas, pesawat yang akan melayani penerbangan Berau-Tarakan, Berau-Samarinda, Melak-Balikpapan, Melak-Samarinda, Tarakan-Nunukan, Tarakan-Melak dan sebaliknya, nantinya sama dengan tipe pesawat yang melakukan proving flight hari ini,” ucapnya.

Terkait kapan penerbangan komersil perdana dimulai, Muharik mengatakan, pihaknya sebenarnya ingin dengan segera. Hanya saja, semua itu harus menunggu izin rute penerbangan keluar dari Kementerian Perhubungan.

“Mengingat proving flight merupakan syarat keluarnya izin rute penerbangan, maka kami tidak akan mengeluarkan statemen kapan pastinya penerbangan perdana dilakukan. Sebab, kami tidak ingin masyarakat Berau menunggu-nunggu. Namun jika kami sudah mengantongi izin penerbangan, kami akan mengabarkan kapan pastinya penerbangan dilakukan,” tuturnya.

BACA JUGA : Xpress Air Gantikan Kalstar Layani Penerbangan dari Bandara Kalimarau

Begitu pula terkait tarif penerbangan, Muharik belum bisa memberikan informasi lebih jauh. Selain masih menunggu keluarnya izin, dirinya juga mengaku belum dapat informasi tersebut dari pihak komersil Kantor Pusat Xpress Air di Jakarta.

“Yang jelas untuk pemesanan tiket dapat dilakukan melalui Traveloka, dan saat ini juga sudah ada 3 travel di Berau yang telah bekerja sama dengan kami untuk pelayanan tiket, sementara sebagian travel lainnya, masih dalam proses melengkapi persyaratan,” imbuhnya.

 

Ia kemudian kembali menjelaskan terkait jadwal proving flight, menurutnya untuk hari ini setelah pesawat mendarat di Bandara Kalimarau, pihaknya langsung parkir pesawat di landasan (run). Selanjutnya proving flight akan dilanjutkan besok hari.

“Besok pagi mulai pukul 08.00 WITA, kami melanjutkan proving flight rute Berau-Tarakan-Melak-Balikpapan-Berau dan Berau-Samarinda-Tarakan-Nunukan-Berau,” tandasnya.

Untuk diketahui, Xpress Air memang direncanakan akan menerbangi sebagai besar rute yang pernah maskapai Kalstar Aviation terbangi. Hal ini dilakukan setelah pemerintah melalui Kemenhub menghentikan sementara operasional penerbangan Kalstar Aviation di seluruh bandara di Indonesia, sejak 30 September 2017 lalu.(Miko Gusti Nanda/bnc)