Pemkab Berau Kembali Meraih Opini WTP

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau menorehkan sejarah baru, dimana selama dua tahun berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2015 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kaltim.

Opini WTP diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Kaltim, Adi Sudibyo kepada Bupati Berau, Muharram dan Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah di Kantor Perwakilan Kaltim BPK RI Samarinda, Senin (30/5/2016).
 
Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah yang hadir dalam acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas LKPJ tahun anggaran 2015 Pemerintah Kabupaten/Kota se- Kaltim ini turut mengucapkan puji syukur, Kabupaten Berau bisa mempertahankan opini yang sebelumnya diraih pula pada tahun anggaran 2014 lalu.
 
“Kita bersyukur dapat mempertahankan opini WTP ini. Hal ini menunjukkan kinerja pemerintah daerah yang baik dan profesional. Sehingga, temuan-temuan yang ada, bisa diselesaikan dengan baik. Semua laporan transparan dan akuntabel,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com.
 
Dijelaskan Sari (sapaan akrab Ketua DPRD Berau), selain Kabupaten Berau, ada tujuh Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur yang meraih opini WTP pula. Dimana Kabupaten Kutai Timur untuk pertama kalinya mendapatkan predikat tersebut.
 
“Selain Kabupaten Berau, ada Samarinda, Bontang, Balikpapan, Paser, Kutai Kartenegara, dan Kutai Timur, meraih predikat WTP ini yang pertama kalinya. Seluruhnya ada 8 Kabupaten/Kota yang meraih opini ini,” jelasnya seraya menilai keberhasilan ini merupakan buah hasil kerjasama yang baik antara lembaga eksekutif dan legislatif.
 
Sementara itu, Bupati Berau, Muharram, yang menerima langsung laporan hasil pemeriksaan BPK RI dengan opini WTP, turut memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Sebagai Bupati, dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah bekerja dengan baik dan menyusun serta menyampaikan laporan keuangan tepat waktu, serta sesuai dengan prinsip prinsip pengelolaan keuangan yang baik. Kedepan, Muharram berharap opini WTP yang telah diraih untuk kedua kalinya ini dapat terus dipertahankan.
 
“Terima kasih kepada seluruh jajaran SKPD yang telah bekerja dengan baik dan menyusun laporan keuangan tepat waktu dan sesuai dengan prinsip pengelolaan keuangan,” pungkasnya.(sai/hms)