Soal Peningkatan Jalan Harapan Ribuan Warga 4 Kampung, Ini Kata DPU

TALISAYAN - Harapan ribuan warga empat kampung di Kecamatan Talisayan, yakni Kampung Suka Murya, Purnasari Jaya, Eka Sapta dan Sumber Mulya, agar jalan belasan kilometer (km) yang menghubungkan keempat kampung tersebut dapat ditingkatkan, ditanggapi Kepala UPTD Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau Wilayah Pesisir, Charles L. Andi Lolo.

Dikatakan Charles, poros jalan yang menghubungkan empat kampung itu memang akan dilakukan peningkatan. Hanya saja lantaran minimnya anggaran, peningkatan jalan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

"Tahun ini hanya sekitar 8 Km saja yang akan diaspal, mulai dari jalan masuk menuju Kampung Suka Murya dekat SMA di Kampung Talisayan dengan pagu dana sekitar kurang lebih Rp26,7 Milyar," jelasnya pada beraunews.com, Minggu (10/07/2016).

Bahkan lanjutnya, sebelum lebaran Idul Fitri, pemenang lelang untuk proyek tersebut sudah ditetapkan, yakni PT Perdasa. Sehingga dalam waktu dekat ini, pekerjaan akan segera dilakukan.

"Kita akan lakukan sosialisasi dulu pada warga, karena pemenang lelangnya itu ditetapkan seminggu sebelum lebaran. Setelah sosialisasi, kita akan mulai pekerjaannya," ungkapnya.

Kendati peningkatan jalan tersebut masih di sekitar Kampung Suka Murya dan belum mencapai ke kampung lainnya, pihaknya meminta warga untuk bersabar, mengingat dana yang digunakan tidak mencukupi. Pasalnya, Apalagi untuk meningkatkan poros jalan ke empat kampung tersebut hingga ke persimpangan arah Kecamatan Biatan memakan dana yang tak sedikit.

"Jika ditingkatkan keempat kampung sampai ke aspal itu memakan dana sekitar kurang lebih Rp80 Milyar. Makanya ini dilakukan bertahap. Kalau tahun depan ada lagi dananya, akan kita lanjut lagi. Ya kita harap warga yang jalan kampungnya belum ditingkatkan dapat bersabar dulu," tutupnya.(hir)