Dermaga Teluk Sulaiman Terancam Ambruk

BIDUK-BIDUK - Sejumlah wisatawan yang datang ke Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-Biduk soroti kondisi dermaga disana. Pasalnya, dermaga yang biasa digunakan wisatawan untuk pergi ke Teluk Sumbang tersebut, selain terdapat sejumlah lubang di sepanjang jalan, dermaga yang terbuat dari kayu ulin itu juga sudah reot dan nyaris ambruk. Hal ini dikhawatirkan membahayakan keselamatan wisatawan.

"Sudah banyak rusak lantainya, tadi ada juga saya lihat lubang. Kita takut ada orang yang terperosok nanti," ujar Septi, warga Talisayan.

Kerusakan dermaga tersebut seharusnya diantisipasi untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, terutama pada wisatawan. Terlebih saat liburan sekarang, tidak sedikit warga yang jauh-jauh datang untuk sekedar jalan-jalan di sekitar Teluk Sulaiman, atau pun ingin pergi berwisata air terjun ke Teluk Sumbang.

"Bisa-bisa merusak kesenangan orang berwisata," ujarnya lagi.

Hariyono salah seorang wisatawan asal Tanjung Redeb juga mengungkapkan hal senada. Ia berharap, dermaga tersebut dapat ditingkatkan, jangan sampai merugikan atau membahayakan wisatawan datang berkunjung. Apalagi, diketahui dermaga tersebut merupakan fasilitas sentral bagi Kampung Teluk Sulaiman. Tidak hanya sarana penunjang bagi warga untuk menyeberang ke Teluk Sumbang, dermaga itu juga menjadi satu satunya tempat bongkar muat barang dari Pulau Sulawesi.

"Cepat diperbaikilah, apalagi ini digunakan orang banyak. jangan menunggu roboh baru diperbaiki," katanya.(hir)