Berau Masih Perlu 10 Traffic Light

 

TANJUNG REDEB – Bertambahnya jumlah volume kendaraan, semakin memperparah arus lalu lintas di Kabupaten Berau. Guna menghindari kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), Dinas Perhubungan (Dishub) Berau merencanakan penambahan traffic light di beberapa titik.

Kepala Dishub Berau, Abdurrahman Ullang mengatakan, Berau memang perlu penambahan beberapa traffic light. Dari hasil survei di lapangan diperkirakan ada sekitar 10 traffic light yang akan dipasang, namun rencana tersebut belum akan terealisasi dalam waktu dekat ini karena permasalahan anggaran.
 
"Ya kita lihat saja jumlah volume kendaraan yang semakin bertambah, sehingga perlu adanya penambahan traffic light. Seperti contohnya di persimpangan di Jalan Diponegoro dan Teuku Umar menuju Murjani," ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (19/09/2017).
 
Dikatakannya, terkait rencana penambahan traffic light tersebut, ada beberapa hal yang masih perlu dipikirkan seperti masalah lahan untuk tempat berdirinya traffic light. Namun, hal tersebut sudah dirapatkan dengan tim, agar dinas terkait menginventarisir terlebih dahulu lahan di persimpangan yang ada.
 
"Itu sudah dibicarakan, dan ke depan rencananya ada program pelebaran jalur persimpangan dan Dinas Pertanahan akan menginventarisir dulu, kalau memang ada lahan warga, maka setidaknya bisa dibebaskan terlebih dahulu," ujarnya.
 
Kendala saat ini tak lain permasalahan anggaran. Minimnya anggaran membuat rencana tersebut belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat, selain itu beberapa traffic light yang lama sudah perlu perawatan karena mulai keropos.
 
"Kita tunggu saja anggaran, kalau memang bisa maka kita akan lakukan penambahan selama perencanaannya matang. Kita juga masih perlu melakukan perawatan terhadap traffic light yang lama yang mulai keropos," pungkasnya.(bnc)
 
Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia