IMB di Pulau Kakaban Ditolak Mentah

 

TANJUNG REDEB- Saat ini ada salah satu badan usaha yang mengajukan ijin pengelolaan Pulau Kakaban kepada beberapa instansi pemerintah daerah (Pemda), salah satunya yakni ke Dinas Perikanan Kabupaten Berau. Namun ijin tersebut ditolak secara tegas lantaran Pemkab berkomitmen menjaga Pulau Kakaban.

Penolakan Dinas Perikanan tersebut juga lantaran dalam draf yang diterima terdapat denah lantai area cafe yang akan dibangun. Yang berarti akan ada bangunan yang didirikan, sedangkan diketahui jika Pulau Kakaban ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo mengatakan, jika dirinya pun menolak jika ada pihak manapun yang akan mendirikan bangunan di pulau konservasi. Komitmen tersebut pun didasarkan pada penetapan pulau sebagai kawasan konservasi.

“Kalau sudah ada keputusannya, kami tidak ijinkan ada yang mendirikan bangunan di Pulau Kakaban. Terkait ada yang mengajukan ini, saya juga belum melihat ijin yang diajukan tersebut,” ungkapnya ketika dihubungi beraunews.com, Jumat (25/08/2017).

Agus menambahkan, sampai saat ini memang belum ada penetapan terkait kawasan konservasi tersebut. Namun jika memang terkait pengelolaan dirasa tidak ada masalah, bahkan seperti memperpanjang dermaga di Pulau Kakaban yang saat ini sedang berlangsung atau dikerjakan.

“Kepala Perijinan juga sudah menghadap kepada saya, tapi saya intruksikan jika memang benar-benar proteksi maka jangan keluarkan ijin,” bebernya.

Jika ada beberapa instansi terkait yang memberikan rekomendasi terkait pengajuan tersebut, Agus Tantomo tetap berpikiran positif. Dirinya menganggap jika mungkin masih ada yang belum tahu jika kawasan pulau Kakaban tersebut diproteksi.

“Surat rekomendasinya itu bisa saja gugur nanti jika jelas ada aturan yang menetapkan Kakaban sebagai kawasan konservasi dan diproteksi dari kegiatan pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia