Soal Pembangunan Taman di Persimpangan, Ini Penjelasan Bupati

 

TANJUNG REDEB – Pembangunan di sekitar persimpangan Jalan Durian I menuju Mangga II dan Jalan Mangga III menuju H Isa III sempat mendapat kritikan dari Anggota Komisi III DPRD Berau, M. Ichsan Rapi, lantaran dianggap belum terlalu perlu dan dirasa lebih baik memperlebar jalur tikungan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Berau Muharram menganggap jika taman juga merupakan hal yang perlu, karena pemerintah juga memiliki kewajiban untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 20 persen dari total bangunan yang ada.
 
“Saya rasa itu memang perlu karena kita punya kewajiban membangun RTH. Memang kenyamanan pengguna jalan juga penting, tapi kita lihat di sisi lain jika ada masyarakat yang mungkin hatinya sedang tidak tenang dan saat melihat tempat-tempat yang indah, mungkin bisa sedikit tenang,” ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (23/08/2017).
 
BACA JUGA: Komisi III DPRD : Daripada Buat Taman, Lebih Baik Badan Jalan Dilebarkan
 
Dikatakannya, saat ini di Kabupaten Berau masih sangat kurang RTH sehingga masih perlu dibangun beberapa lagi. Selain itu, perlunya juga panduan kepada developer (pengembang-red) yang akan membangun perumahan, agar membuat RTH minimal 20 persen dari total bangunan yang akan mereka buat.
 
“Bukan hanya kita, jadi jika ada rencana pembangunan perumahan itu, mereka juga perlu menyiapkan berapa persen area untuk dibangun RTH,” bebernya.
 
Muharram menganggap RTH sangat perlu guna sirkulasi udara yang sehat bagi masyarakat. Diharapkan ke depannya pun masih bisa dibangun RTH untuk kenyamanan masyarakat Kabupaten Berau.
 
“Kita lihat ke depan dan kita akan cek dimana lagi lahan Pemda yang bisa dimanfaatkan untuk RTH. Jika memang bisa maka akan dibangun lagi untuk RTH,” tutupnya.(bnc)
 
Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia