Bandara Maratua Akan Diresmikan, Pemkab Tinggal Menunggu Presiden

 

TANJUNG REDEB- Peresmian Bandara Maratua, di Kampung Payung-Payung, Pulau Maratua, telah diajukan Pemkab Berau ke Sekretariat Negara, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, usai menghadiri pelaksanaan upacara HUT ke-72 RI, Kamis (17/08/2017) lalu.

Dikatakan Agus, Pemkab Berau telah siap untuk pelaksanaan peresmian Bandara Maratua, namun saat ini hanya menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo, yang dikabarkan akan hadir dan meresmikan langsung Bandara Maratua.

“Kalau kita sudah siap. Pembangunan Bandara Maratua ini juga sudah selesai. Tapi kita menunggu jadwal dari Presiden saja kapan bisa ke Maratua,” ujarnya.

BACA JUGAPeresmian Bandara Maratua Bakal Diundur Lagi

Bandara Maratua dibangun pada September 2015 lalu dengan panjang landasan pacu sekitar 1.600 meter, dengan estimasi terminal yang mampu menampung 1.000 orang per hari, sehingga mampu mendaratkan pesawat jenis ATR dengan kapasitas 72 orang.

Keberadaan Bandara Maratua merupakan sarana pertahanan terluar sekaligus untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebab Kaltim memiliki banyak pulau kecil terluar, termasuk Pulau Maratua.

Selain itu, Bandara Maratua tersebut juga untuk memperlancar arus masuk wisatawan lokal maupun mancanegara di pulau yang memiliki sejumlah objek wisata menarik, terutama pada alam bawah lautnya.

“Ya, kita berharap semoga peresmian Bandara ini dapat dilakukan segera dan menghadirkan Presiden seperti yang sudah kita rencanakan sejak awal. Semoga dapat berjalan lancar,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia