PJU Sultan Agung Rusak, Kapan Diperbaiki?

TANJUNG REDEB – Kerusakan sejumlah fasilitas umum masih kerap ditemukan di lapangan. Salah satunya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Kerusakannya mulai dari patah dan lepas komponen PJUnya akibat di tabrak kendaraan maupun yang miring akibat struktur tanah yang lembek. Selain penerangan tidak maksimal, kondisi ini juga bisa membahayakan bagi pengguna jalan.

Seperti yang terlihat di salah satu lampu PJU di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sei Bedungun. Lampu PJU tampak rusak diduga akibat tersangkut bak kendaraan yang melintas sehingga headlamp (lampu utama) PJU lepas dan bergelantungan di kabel lampu. Hal tersebut membuat beberapa pengguna jalan khawatir, jika sewaktu-waktu jatuh dan menimpa.

"Was-was, liat bentuknya seperti itu, takut pas lewat pas jatuh, makanya kadang saya agak ke kanan jalannya kalau lewat situ. Tapi hati-hati juga karena di kanan banyak arus dari depan yang melintas," ungkap Adi Mulyadi salah seorang pengguna jalan.

Dikatakannya, kondisi seperti ini seharusnya mendapat penanganan cepat dari instansi terkait untuk melakukan tindakan sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Pasalnya, jika kondisi tersebut dibiarkan seperti itu sangat membahayakan pengguna jalan.

"Mungkin sudah ada rencana pembenahan, tapi setidaknya jangan terlambat. Dikhawatirkan kondisinya makin parah dan semakin menjadi ancaman buat pengguna jalan yang melintas," bebernya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau,  Mappasikra Mappaseleng mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi terkait kerusakan lampu PJU di kawasan itu sejak beberapa hari lalu. Bahkan, dirinya sudah memerintahkan satgas untuk memelakukan pengecekan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.

"Sudah kita tahu 2 hari lalu, dan saya minta satgas kota untuk melepas dulu lampu PJU itu, yang penting tidak membahayakan pengguna jalan," katanya.

Mappasikra menambahkan, direncanakan pihaknya akan mengganti lampu PJU yang rusak tersebut usai lebaran nanti agar kondisinya lebih baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

"Kalau sekarang paling tidak kita cabut dulu kapnya itu, habis lebaran kita ganti. Kami akan cek beberapa lampu jalan yang mati juga di kawasan itu untuk mengetahui apa yang menjadi kendala lampu PJU itu tak berfungsi normal," pungkasnya.(dws)