Soal Banyak “Jebakan” Dijalan, UPTD DPU Kaltim Terkesan Bungkam

TALISAYAN – Kondisi jalan rusak di kawasan pesisir Kabupaten Berau, dinilai terkesan dibiarkan. Pasalnya, kerusakan jalan bukan baru terjadi melainkan sudah lama. Dimulai dari Kecamatan Sambaliung hingga Kecamatan  Batu Putih sampai saat ini, masih belum mendapat penanganan dan selalu mengancam keselamatan warga yang melintas.

Terlebih menjelang lebaran Idul Fitri seperti saat ini, aktivitas kendaraan baik roda dua maupun roda empat semakin meningkat dari biasanya. Selain dijadikan arus mudik, aktivitas ekonomi, juga akan dijadikan jalur menuju kawasan wisata di Kecamatan Biduk-Biduk dan sekitarnya.

Bahkan, Kapolres Berau, AKBP Handoko mengingatkan, jalur ini merupakan jalur yang dinilai sangat rawan, sehingga meminta kepada masyarakat yang melintas melalui jalur darat untuk waspada terhadap kerusakan jalan. Salah satu akses darat yang wajib diwaspadai adalah jalan poros mulai dari Kecamatan Sambaliung menuju Kecamatan Batu Putih.

Banyak titik jalan yang rusak parah dan berlubang. Tak heran jika semua masyarakat yang berada di wilayah Pesisir Selatan Berau menginginkan jalan yang berstatus kewenangan pemerintah provinsi itu dapat dilakukan perbaikan.

"Jangan dibiarkan begini (rusak) terus jalannya. kasihan kita sebagai warga sangat terganggu. Ini kan punya pemerintah, paling tidak ada upaya perbaikan agar masyarakat nyaman berkendara," ujar Wahyudi warga Talisayan.

Menurutnya kerusakan jalan yang kini dinilainya membahayakan sudah jadi kewajiban pemerintah untuk memperbaikinya.

"Percuma bayar pajak kalau begitu. Dianjurkan bayar pajak tiap tahun, jalan rusak bertahun-tahun tak diperbaiki," bebernya.

Saat dikonfirmasi beraunews.com, PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas PU Wilayah Kaltim-Kaltara, Usman Effendi meminta agar beraunews.com menghubungi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 15 Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Kaltim, Nunung Noor Adnan. Selebihnya tak satu pun Usman merespon SMS, bahkan panggilan telepon pun beberapa kali di rijek.

Nunung Noor Adnan kepada beraunews.com hanya membenarkan jika jalan dari Jembatan Sambaliung sampai tikungan Lenggo, Kecamatan Batu Putih merupakan jalan provinsi.(hir)