Zebra Cross Ada Dua, Ini Penjelasan Dishub

 

TANJUNG REDEB – Banyak pertanyaan yang muncul mengenai zebra cross yang berada di simpang empat Jalan Durian II dan Jalan Durian III. Sebab, hal itu sempat membuat bingung para pengendara roda dua ataupun roda empat.

Lantas, dimanakah posisi memberhentikan kendaraan yang benar. Ditanya seperti itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Berau melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan, Abdul Azis menjelaskan, zebra cross pada umumnya untuk fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki, sehingga pengendara juga perlu memperhatikan tiang traffic saat lampu sedang merah. Agar aman, maka zebra cross tersebut sedikit agak dimundurkan.
 
“Itu sebenarnya yang betul yang berada di belakang. Posisi tiang traffic juga dipindahkan, jadi jika terlalu maju, maka pengendara akan sulit melihat lampu lalu lintasnya. Selain sulit melihat lampu lalu lintas, Jika terlalu maju juga, maka jarak pandang pengendara ke para pejalan kaki yang ingin menyeberang akan terganggu,” ucapnya.
 
BACA JUGA : Dobel Zebra Cross Kadang Membuat Bingung Pengendara
 
Lokasi zebra cross harus mempunyai jarak pandang yang cukup, agar antrean kendaraan yang diakibatkan oleh pengguna fasilitas penyeberangan masih dalam batas yang aman.
 
“Ke depannya mungkin nanti kita akan mengadakan sosialisasi terkait permasalahan ini, atau cara lainnya, zebra cross yang lama itu garisnya akan dihilangkan,” tutupnya.(bnc)
 
Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia