Rambu Lalin Dipasang di Atas Trotoar, Ini Penjelasan Dishub

 

TANJUNG REDEB – Letak rambu lalu lintas yang dipasang di atas trotoar, menjadi sorotan masyarakat. Melalui postingan salah satu netizen di halaman facebook dengan nama akun Heri N Nina, ia mempertanyakan apakah peletakan tersebut sesuai dengan aturan yang ada, apalagi trotoar merupakan fasilitas pejalan kaki.

Dilihat dari posisi rambu lalu lintas yang berada di simpang empat antara Jalan Yos Sudarso dan Niaga I, rambu tersebut terletak di sebelah kiri jalan. Yang menurut aturan yang ada, jarak penempatannya harus berada di luar jarak tertentu dan tepi paling luar bahu jalan atau jalur lalu lintas kendaraan minimal 0,60 meter, dan tidak merintangi lalu lintas kendaraan atau pejalan kaki. Sedangkan aturan lainnya adalah, penempatan rambu harus mudah dilihat dengan jelas oleh pemakai jalan.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Dinas Perhubungan Berau melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan, Abdul Azis membantah jika dikatakan peletakan rambu tersebut berada di atas trotoar. Menurutnya, penempatan letak rambu lalu lintas itu telah sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada.

“Sebenarnya itu telah sesuai dengan tata letaknya, tetapi karena adanya keterbatasan lahan, maka sekilas dilihat rambu lalu lintas tersebut seakan menghalangi pejalan kaki, padahal tidak,” ucapnya kepada beraunews.com, Senin (31/07/2017).

“Itu sebenarnya diletakkan sedikit menepi di atas trotoar, tidak berada jauh dari luar trotoar, sehingga pejalan kaki bisa lewat, dan kendaraan juga masih bisa parkir. Tidak mungkin juga kita meletakkannya sembarangan di atas trotoar atau berada di tengah-tengah trotoar, karena bisa saja itu mengganggu pejalan kaki yang menggunakan fasilitas trotoar tersebut, bahkan bisa sampai membahayakan,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia