Jelang Lebaran, PU Benahi Jalan Dalam Kota

TANJUNG REDEB - Upaya mengantisipasi kerawanan lalu lintas jelang arus mudik lebaran dan peningkatan aktivitas di jalan, sejumlah ruas jalan yang ada di  dalam kota Tanjung Redeb kini mulai dibenahi. Pemeliharaan rutin oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Berau, sudah dilaksanakan seperti terlihat di kawasan Jalan H. Isa III Tanjung Redeb.  Sejumlah lubang yang berada di lokasi ini mulai diperbaiki dengan sistem tambal sulam.

Kepala Dinas PU Berau, Taupan Madjid, saat dikonfirmasi membenarkan tengah ada kegiatan pemeliharaan jalan di dalam kota. Pemeliharaan jalan tersebut dilakukan menyusul banyaknya ruas jalan kota yang rusak.

Selain memang merupakan kegiatan rutin pemeliharaan jalan, namun perbaikan ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas apalagi menjelang Idul Fitri seperti saat ini, dimana aktivitas masyarakat mulai padat di jalan raya.

“Kita sekarang memang sedang melakukan pemeliharaan rutin jalan di dalam kota. Jalan yang berlubang kita tambal. Seperti yang di lakukan di jalan H. Isa III itu. Ini demi  pengguna jalan biar aman dan nyaman kalau menggunakan fasilitas umum. Kalau memang masyarakat menemukan jalan dalam kota berlubang dan membahayakan laporkan saja nanti kita perbaiki,” jelasnya lagi.

Sebelumnya, Dinas PU memang sudah melakukan evaluasi dan meninjau sejumlah ruas jalan dalam dan luar kota untuk melihat mana saja titik jalan yang ada berlubang. Meskipun merupakan jalan Provinsi, namun pihaknya tetap melakukan upaya perbaikan.

“Karena yang menggunakan jalan ini kita di kabupaten bukan orang di provinsi sana, ada masalah atau dampak yang rasakan kita, jadi harus segera diperbaiki,” tutupnya.  

Upaya ini mendapat respon positif dari warga yang memang berharap ada perbaikan cepat terhadap kondisi jalan yang ada.  Latif  misalnya, salah satu pengguna jalan ini mengatakan ruas Jalan H. Isa III memang mengalami kerusakan cukup parah dan memerlukan perbaikan segera.

Menurutnya selama ini  lokasi tersebut menjadi langganan kecelakaan akibat warga yang melintas terperosok ke dalam lubang yang dalamnya bisa mencapai 10 centimeter tersebut.

“Rumah saya di Jalan P. Diponegoro jadi hampir setiap hari lewat sini terus, dan lubang yang di jalan ini sangat mengganggu sekali, soalnya posisi lubang itu ada di belokan lampu merah, pas warga belok tidak tahu ada lubang didepannya pasti  jatuh. Tapi sekarang agak lega, soalnya sudah diperbaiki Dinas Pekerjan Umum,” ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (28/6/2016).

Hal senada juga diungkapkan salah seorang warga sekitar, Unding. Dikatakanya, kerusakan jalan hingga mengakibatkan lubang di Jalan H. Isa III tersebut diakibatkan aktivitas kendaraan berat yang kerap melintas melebihi kapasitas jalan.

“Bagaiamana tidak rusak mas, kalau jalan kita ini dilewati kendaraan besar terus,  yang lewat tronton muat alat berat, wajar lah rusak. Syukurlah kalau sekarang sudah ditambal sulam, lubangnya biar ketutup jadi tak ada lagi yang suka jatuh,” jelasnya. (msz)