PDAM Respon Cepat Perbaikan Pipa Pecah

TANJUNG REDEB - Respon cepat dilakukan Teknisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah. Begitu, mendapat informasi adanya pipa yang bocor, tim langsung terjun ke lapangan untuk melakukan perbaikan. Sehingga, distribusi air ke masyarakat tak alami gangguan yang lama.

Kapala Sub Bagian (Kasubbag) Pendistribusian, Padaloan Manurung mengatakan, sebelumnya memang ia mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya pipa yang pecah. Selanjutnya, tim langsung terjun ke palangan untuk melakukan pengecekan dengan membawa segala peralatan yang dibutuhkan.

“Ya memang tadi pagi sudah ada informasi dengan anggota saya. Setelah kami dapat informasi itu, kami persiapkan kebutuhan yang mungkin digunakan untuk perbaikan,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com dilokasi pecahnya pipa Jalan Bujangga, Sabtu (28/6/2016).

Dikatakannya, dari hasil pengecekan memang terjadi pergerakan tanah yang membuat pipa berdiameter 3 inchi sepanjang 30 centimeter mengalami pecah. Padahal, pipa itu berfungsi sebagai penyambung pipa induk ke pipa distribusi ke masyarakat.

“Kita sudah cek dan ternyata pipa 3 inchi yang pecah. Pipa ini harus segera diganti karena pipa itu merupakan pipa yang menghubungkan pipa pendistribusian ke pipa induk berdiameter 8 inchi,” tambahnya.

Dengan kondisi ini, jelas pendistribusian air ke masyarakat sempat terhambat akibat volume air yang keluar. Namun, pihaknya hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk mengganti pipa yang rusak tersebut.

“Volume airnya banyak yang keluar, otomatis pendistribusian terhambat, tapi kita sudah perbaikan secepat mungkin agar pendistribusian air kembali lancar,” bebernya.

Manurung juga meminta maaf kepada masyarakat yang terkena dampak dari rusaknya pipa PDAM  ini. Jika memang nantinya masih ada lagi pipa yang pecah di daerah tersebut, pihaknya meminta masyarakat tak ragu untuk menginformasikannya.

“Kalau daerah ini jelas masih memungkinkan untuk pipa kembali rusak atau pecah. Tapi, kita harap masyarakat bisa segera menginformasikan agar bisa segera kita benahi demi kelancaran pendistribusian air bersih,” pungkasnya.(dws)