Trotoar Rusak Dimakan Usia, Ini Kata DPU

TANJUNG REDEB – Trotoar jalan di dalam kota Tanjung Redeb konsinya mulai rusak dengan kondisi patah, lantaran sudah termakan usia. Seperti yang terlihat disepanjang Jalan Mangga I, Jalan Pemuda dan Jalan SA Maulana.

Dengan kondisi trotoar seperti itu, dikhawatirkan memberikan dampak bahaya untuk warga saat berjalan kaki. Seperti didisampaikan oleh salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, trotoar ini seharusnya menjadi akses utama untuk pejalan kaki dan bisa dilalui dengan nyaman oleh banyak orang.

“Seharusnya tidak seperti ini trotoarnya, kalau saya melihat trotoarnya rapuh jadi tidak aman untuk dilewati. Liat saja warga yang berjalan kaki, pasti mereka jalannya bukan di trotoar. Tentunya pemerintah perlu melakukan pembenahan trotoar di dalam kota ini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, Taupan Majid menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengatur konsep untuk pemekaran trotoar di dalam Kota Tanjung Redeb. Namun prosesnya dilakukan secara bertahap lantaran memerlukan dana yang tak sedikit.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pembangunan trotoar di beberap kawasan dalam kota dan itu sudah selesai. Prosenya ini dilakukan secara bertahap, lantaran dana yang dimiliki terbatas pula. Untuk selanjutnya, sudah kita kondisikan ke Bagian Bina Marga untuk pemeliharaan trotoar yang memang kita lihat banyak yang patah dan sebagainya,” jelasnya.

Dikatakannya, jika pihaknya sangat menginkan trotoar jalan di dalam kota tertata dengan rapi sebagaimana konsep yang telah dikerjakan sebelumnya.

“Kami sangat berkeinginan agar trotoar itu tertata dengan rapi agar menambah keindahan tata kota kita. Sebelumnya kita sudah ada membuat trotoar baru seperti di Jalan Mangga III dan Mangga II, kira-kira seluruh trotoar akan terkonsep seperti itu sehingga juga bisa memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki,” pungkasnya.(ea)