Penyelesaian Jalan Bujangga Mendesak, Bupati Turun Tangan Langsung

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati, Agus Tantomo didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, Taupan Madjid secara mendadak sidak ke Jalan Bujangga, Senin (27/6/2016).

Di sela-sela sidak itu, Bupati mengatakan, peninjauan ini merupakan tindak lanjut pasca bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (23/6/2016) lalu. Selain itu, perbaikan jalan tersebut dipandang sudah sangat mendesak pasca ambruk sejak awal tahun 2016.

"Saya sengaja datang ke lokasi ini untuk memastikan proyek pengerjaan Jalan Bujangga (jembatan bailey-red) ini dapat berjalan dengan baik, apalagi kebutuhan jalan disini sudah sangat mendesak sekali," jelasnya.

Dikatakan Bupati, setelah melihat langsung proses perbaikan jalan itu, dirinya mengaku kecewa dengan lambatnya para pekerja yang hadir di lokasi pengerjaaan. Apalagi, pengawas Dinas Pekerjaan Umum Provinsi juga tak terlihat di lokasi proyek.

"Yang saya lihat, para pekerja ini lambat sekali mulai kerja. Saya datang jam 9 pagi belum ada yang kerja. Operator saja datangnya jam 10 lewat. ini menghambat pekerjaan, sementara pengerjaan ini perlu di kebut sebelum lebaran harus rampung. PPK dari PU Provinsi juga tidak ada mengawasi, makanya begini. Saya sudah ada nomer HP pengawasnya, nanti saya hubungi," ujarnya.

Terkait target penyelesaian, Bupati mengatakan, jika proyek itu diupayakan segera selesai sebelum lebaran.

"Kita kawal ini, PU Kabupten juga harus mengawasi pengerjaanya. Jadi semua terlibat, mulai dari pusat, provinsi dan daerah. Karena ini penting sekali. Target harus selesai sebelum lebaran, tapi lalau nanti melebihi target, saya mohon toleransi dari masyrakat, tapi yang jelas kita upayakan segera rampung," tuturnya.

Rencananya jembatan bailey tersebut akan dipasangan dengan panjang 130 meter. Bahkan, seluruh matrial yang dibutuhkan pun telah berada dilokasi proyek.

"Ini material semua sudah siap. Tinggal pasang saja jembatannya. Panjangnya sekitar 130 meter. Kalau semua sudah siap, saya rasa sebelum lebaran bisa rampung," tutup Bupati.(msz)