Bukan Hanya THR, Ini Juga Ditunggu Sebelum Lebaran

TANJUNG REDEB – Kondisi Jalan Bujangga yang kembali ambles menjadi perhatian serius Pemkab dan DPRD Berau. Wujudnya, setelah bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (23/6/2016) lalu dan berhasil mendapatkan kepastian alokasi anggaran perbaikan pada tahun 2017 mendatang.

Kini, guna memenuhi harapan masyarakat pengendara jalan mendekati lebaran agar bisa terhubung kembali, Pemkab dan DPRD Berau sejak 2 hari terakhir tengah berupaya membangun jembatan bailey, yakni jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah dan sangat cepat pemasangannya. Sebelumnya Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo memang menegaskan pemerintah daerah tidak akan membangun jembatan ulin dengan alasan tidak efektif dan efisien.

Namun berbeda cerita dengan jembatan bailey yang memang disiapkan untuk kondisi darurat saat jalan putus. Bahkan kepala Dinas Pekerjaan Umum Berau, Taupan Madjid mengungkapkan, jika Berau sudah sangat mendesak untuk memiliki jembatan bailey ini.

Sari, warga Bujangga yang mengetahui adanya pekerjaan itu mengaku sangat senang jika jalan Bujangga bisa dilintasi sebelum lebaran.

“Ya karena selama ini kita susah kalau mau ke kota, harus mutar jauh, belum lagi kalau lewat gang-gang itu banyak polisi tidurnya,” ungkapnya.

Meski belum tahu pasti kapan bisa beroperasi, namun besar harapan bisa dilalui sebelum lebaran.

“Karena mau lebaran ini aktifitas sangat padat, jadi baguslah kalau jalan Bujangga ini bisa dilewati lagi, mudahan bisa cepat selesai,” harapnya.

Sukardi, warga lainnya juga mengatakan hal serupa melalui akun facebooknya Sukardi Kardi. Ia mengatakan, selama ini masyarakat Berau mengusulkan agar Pemkab membuat jembatan darurat yang terbuat dari kayu di jalan Bujangga yang amblas. Ternyata, diam-diam Bupati, Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, memiliki cara berpikir yang jauh lebih maju dengan membuat jembatan bailey.

“Jembatan tersebut bukan hanya bisa dilalui kendaraan roda 2 tetapi termasuk roda 4, dan diusahakan selesai sebelum lebaran tahun ini. Mari kita dukung kerja keras Pemkab Berau, mudah-mudahan tidak ada kendala apa-apa dilapangan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pekerja yang ditemui beraunews.com, Sabtu (25/6/2016), membenarkan jika tengah mengerjakan jembatan bailey.

“Saya cuma kerja mas, tapi ini sudah 2 hari kita kerja, sudah ada dapat beberapa sambungan, sengaja dikebut memang supaya bisi selesai sebelum lebaran,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, upaya beraunews.com memperoleh keterangan resmi dari Bupati Berau, Wakil Bupati Berau maupun Dinas Pekerjaan Umum belum membuahkan hasil.(msz)