Dari 1 Juta Unit se-Indonesia, Berau Bangun 100 Unit Rumah MBR

 

TANJUNG REDEB – Sesuai program pemerintah, Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) tentang 1 juta Perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang digagas sejak 2016, ternyata hingga saat ini, Kabupaten Berau baru membangun 100 unit.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Perumahan Berau, Yudi Artangali menjelaskan, jika pihaknya sudah membangun hunian sebanyak 100 unit, itupun masih sebatas di satu kecamatan, yakni di Kecamatan Sambaliung dan untuk progresnya hampir rampung.

“Nantinya kami juga akan mengusahakan membangun hunian untuk MBR di Kecamatan Teluk Bayur, tetapi sekarang masih tahap perencanaan dan perizinan,” tuturnya kepada beraunews.com, Kamis (20/04/2017).

Perlu diketahui, MBR nantinya hanya diperuntukkan ke masyarakat yang notabenenya berpenghasilan rendah saja, yakni yang memiliki penghasilan dibawah Rp3 juta. Sehingga nantinya pemerintah melalui pengembang perumahan akan mengeluarkan PKE yang sesuai dengan poin kedua Nawacita.

Secara umum, Yudi Artanggali menjelaskan, rumah yang dibangun di Kecamatan Sambaliung memiliki model type 36 dengan susunan seperti komplek perumahan pada umumnya

“Harapannya, dengan membangun hunian layak ini masyarakat bisa menikmati tempat tinggal yang layak, sebagaimana amanat undang-undang,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia