Ini Sebab IPA Biatan Belum Beroperasi

BIATAN – Keluhan warga terkait belum beroperasinya Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Kecamatan Biatan, ditanggapi PDAM Tirta Segah.

Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi meminta agar warga Biatan bisa memahami kendala yang dihadapi hingga IPA tersebut belum beroperasi, meskipun secara fisik telah rampung dibangun.

“Permasalah utama belum beroperasinya IPA Biatan karena belum diserahterimakannya aset tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum kepada Pemkab Berau maupun kepada PDAM Tirta Segah,” ungkapnya saat dikonfirmasi beraunews.com, Kamis (23/6/2016).

Selain itu, kata Adief, belum adanya sambungan listrik PLN di IPA tersebut juga menjadi permasalahan tersendiri. Sebab, kalau dioperasikan menggunakan pembangkit listrik tersendiri, maka biaya produksi akan semakin tinggi dan pada gilirannya warga selaku pengguna air bersih juga yang akan terbebani.

“Kasihan warga kalau harus membayar air menjadi mahal, akibat tingginya biaya produksi kalau menggunakan pembangkit sendiri,” jelasnya.

Apalagi, saat ini jumlah pelanggan di Biatan masih minim untuk dapat menutup biaya operasional.

“Data yang kami miliki, Biatan hanya memiliki 200 sambungan. Dengan jumlah pelanggan yang ada, tentunya masih jauh dari harapan kami untuk menutupi biaya operasional. Namun kami tetap berkomitmen akan melayani warga Biatan dengan mencarikan solusi terbaik,” tutupnya.(asc)