Belum Ada Solusi untuk PLTMH Kelay yang Ngadat

 

TANJUNG REDEB – Setelah sempat beroperasi selama kurang lebih 1 tahun, kini Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di Kelay, belum aktif lagi. Hal ini menjadi pertanyaan besar, terlebih solusi yang diwacanakan belum juga terealisasi.

Dengan dalih debit air tidak cukup sehingga tidak bisa beroperasi, PLTMH yang dibangun dari  dana  APBD Kabupaten ini, kini terkesan hanya menjadi pelengkap saja. tak ayal hal tersebut mendapatkan tanggapan dari Ketua Komisi III DPRD Berau, Mulyadi saat ditemui beraunews.com, Senin (17/04/2017). Dikatakannya, pihaknya memang belum melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kondisi terkini PLTMH tersebut.

“Selama ini belum ada kunjungan ke lapangan mengenai masalah PLTMH Kelay ini, jadi bagaimana kondisinya juga belum tahu pasti. Selain itu juga belum ada dasar data-data yang tepat terkait PLTMH ini, sehingga belum bisa mengambil tindakan tepat dan solusi jitunya,” ujarnya.

BACA JUGA : PLTMH Kelay Hanya Bernyawa 1 Tahun

Seperti yang direncanakan, PLTMH yang mangkrak ini akan diganti dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), karena jika dilihat goegrafis di kawasan Kampung Long Duhung dan sekitarnya, lebih cocok menggunakan PLTS. Namun, hal tersebut belum bisa juga dipastikan keberadaannya, karena belum terealisasi. Jika nantinya ada PLTS, PLTMH yang ada akan tetap berfungsi sebagai back up PLTS yang ada, jika sewaktu-waktu dalam perawatan atau tidak berfungsi.
 
Mulyadi menambahkan, jika adanya PLTS memang sesuai dengan kesepakatan dan untuk kesejahteraan, DPRD akan mengawasi, melalui komisi III DPRD bidang pembangunan Kabupaten Berau

“Tetapi untuk masalah kapan waktunya mengawasi, semua itu ada prosesnya,” tutup nya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia