Diduga Tanah Bergeser, Pipa PDAM Pecah

TANJUNG REDEB - Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah kembali mengalami kebocoran di area amblesnya Jalan Bujangga, Kecamatan Tanjung Redeb sekitar pukul 09.00 Wita, Sabtu (28/6/2016) pagi tadi. Kebocoran pipa tersebut diduga akibat terjadinya pergeseran tanah di kawasan itu, sehingga membuat pipa di area tersebut bergeser hingga pecah.

Warga Jalan Bujangga, Ahmad Ali mengatakan sekitar pukul 09.00 Wita pagi tadi terjadi kucuran air yang begitu deras ke atas. Saat dilakukan pengecekan ternyata air tersebut muncul dari pipa yang ada di sekitar area tersebut.

“Jam 09.00 Wita tadi pagi itu mulai keluar airnya. Saat kita cek ternyata air itu berasal dari pipa milik PDAM,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, area pipa yang bocor tersebut sebelumnya sempat dilakukan perbaikan oleh pihak PDAM karena mengalami kerusakan. Namun, pipa sambungan tampak di atas badan jalan dan tidak ditanam.

“Beberapa waktu lalu sudah diperbaiki oleh pihak PDAM, tapi enggak di tanam atau di semen, jadi pipanya kelihatan di atas badan jalan,” tambahnya.

Pagi tadi beberapa warga juga sudah mulai menghubungi pihak PDAM, namun hingga kini belum ada petugas yang datang untuk melakukan perbaikan, padahal air sudah menyembur hingga ke rumah warga.

“Warga sudah ada yang menghubungi PDAM tadi pagi, tapi belum ada yang datang. Selain itu kita juga terpaksa pindahkan jemuran yang tadinya saya jemur di depan rumah, kita pindah ke samping karena basah semua,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pendistribusian, PDAM Tirta Segah, Padaloan Manurung mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab dan letak kerusakan pipa tersebut. Namun, dengan adanya informasi ini pihaknya akan berkoordinasi kepada tim untuk melakukan survei ke lapangan.

“Saya akan koordinasikan dengan rekan-rekan dilapangan untuk melakukan pengecekan dulu. Setelah kita tahu penyebab dan kerusakannya, maka akan segera kita lakukan perbaikannya,” pungkasnya.(dws)