Pembangunan Jembatan Tabalar Muara Dilanjut Tahun Ini

 

TABALAR – Pembangunan jembatan di Kampung Tabalar Muara Kecamatan Tabalar yang menghubungkan RT 01 dan RT 02 yang sempat terkendala pada tahun 2016 lalu, dipastikan pengerjaannya akan segera dilanjutkan pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD PU Wilayah Pesisir Selatan Berau, Charles Andi Lolo saat dikonfirmasi beraunews.com di sela kesibukannya.

Pembangunan jembatan yang dilaksanakan pada tahun  2016 tersebut penyelesaiannya sempat terkendala dikarenakan defisit anggaran. Meski begitu, saat ini jembatan tersebut sudah digunakan masyarakat Tabalar Muara, lantaran jembatan gantung yang bersebelahan dengan jembatan tersebut kondisinya sudah hancur dihantam air pasang. Disampaikan Charles, saat ini kondisi jembatan yang ada di Tabalar Muara, hanya tinggal menyisakan beberapa hal, seperti finishing (penyelesaian) permukaan jembatan.

“Saat ini tinggal pengecoran lantai, pembuatan offride jalan jembatan, dan pemasangan batu dinding jembatan,” ungkapnya pada Jumat (17/03/2017).

BACA JUGA : Rusak, Warga Berharap Pembangunan Jembatan Baru Segera Dirampungkan

Ia melanjutkan, terkait program kelanjutan pembangunan jembatan tersebut, dianggarkaan dari APBD Murni Kabupaten Berau, sebesar 1 milyar rupiah. Diperkirakan dalam waktu dekat, proyek tersebut akan dilelang.

“Kemarin, Bupati merencanakan paling lambat akhir Maret semua sudah dilelang, dan kami prediksi, sebelum Maret, proyek lanjutan jembatan Tabalar Muara ini sudah dilelang. Sementara untuk fisiknya kemungkinan di bulan April,” bebernya.

Ia juga menyadari kondisi masyarakat yang ada di kampung Tabalar Muara yang saat ini hanya mengandalkan jembatan yang belum selesai tersebut untuk berlalulintas. Namun pihaknya menyampaikan, akan berupaya kelanjutan jembatan tersebut tidak mengganggu aktivitas masyarakat di sana.

“Itu kan tinggal pengecoran atau finishing saja, kalau cuaca bagus tidak akan lama pengerjaannya,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat Kampung Tabalar Muara untuk dapat bersabar, sambil menunggu proses berjalan.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia