Soal Kerusakan PLTMH Sumber Mulya, Distamben Belum Tahu

 

TANJUNG REDEB – Rusaknya pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kampung Sumber Mulya, Kecamatan Talisayan ternyata belum diketahui Dinas Pertambangan dan Eneriy (Distemben) Berau.

“Saya belum tahu kalau mesin PLTMH di Kampung Sumber Mulya itu rusak. Ini saya malah baru tahu. Selama ini Kepala Kampung juga tidak ada lapor ke kita kalau mesinya rusak. Yang saya tahu, hanya di Tembudan saja yang rusak, dan itupun sekarang tinggal nunggu alatnya saja. Tapi, coba saya cek dulu yang PLTMH di Sumber Mulya, kalau rusak ringan saja, akan kita upayakan perbaiki di Tanjung,” ujar Kepala Distemben Berau, Mapasikra Mapaselleng saat dikonfirmasi beraunews.com, Selasa (21/6/2016).

Dikatakanya, kerusakan mesin PLTMH yang terjadi di wilayah Kecamatan Talisayan dan Kecamatan Batu Putih, dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya debit air yang semakin berkurang yang berimbas terhadap kerusakan mesin. 

“Kalau ditanya kenapa bisa rusak, itu bisa banyak penyebabnya, bisa saja faktor debit air yang terus berkurang akibat kemarau, sementara mesin tetap jalan. Kalau yang di Tembudan kan jelas itu bearingnya rusak, nah kalau yang di Sumber Mulya itu belum tahu faktor apa. Makanya nanti saya akan turunkan tim untuk memastikan,” bebernya.

Sementara itu, Sikra (sapaan akrabnya) mengharapkan peran serta perusahaan yang ada di sekitar wilayah kedua kampung tersebut melalui program CSR (Corporate Social Responsibility atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan-red) guna memenuhi kebutuhan listrik selama PLTMH dalam masa perbaikan.

“Perusahaan bisa berperan lewat CSR mereka, sediakan mesin genset bagi warga, atau suplai menggunakan  listrik  perusahaan ke kampung. Jadi sambil nunggu mesin PLTMH diperbaiki, kebutuhan warga akan listrik tetap terpenuhi,” tutupnya.(msz)