Bupati: Penempatan Putra Asli Daerah Tergantung Kemauan Masing-Masing

 

TANJUNG REDEB – Terkait usulan yang diutarakan Kepala Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, Surya Emi Susianthi, agar Pemkab menempatkan tugas warga asli kampung tersebut di kampung halamannya, Bupati Berau, Muharram, angkat bicara.

Dikatakannya, usulan tersebut cukup baik, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Sebab, menurutnya untuk melakukan perombakan atas semua penempatan PNS maupun PTT di kampung-kampung akan sangat sulit dilakukan saat ini.

“Saya juga menyetujui usulan ini. Hanya saja akan susah kalau sekarang kita merombak atau memutasi para tenaga PNS dan PTT ini untuk dapat kembali ke kampung halamannya. Belum tentu semua mau,” ujarnya kepada beraunews.com, Kamis (02/03/2017).

BACA JUGA : Kembalikan Putra Daerah ke Asalnya!!!

Pemikiran tersebut didasari dengan banyaknya PNS dan PTT yang telah mengabdi di kampung selain kampung halamannya, yang cukup betah bahkan telah lama dan memiliki rumah di lingkungan kerjanya tersebut.

“Misalnya PNS yang bersangkutan sudah sekian lama di Tanjung Redeb, dan sudah punya rumah dan lain-lain, sudah merasa mapan tinggal di tempat itu. Tiba-tiba disuruh pindah, pasti tidak semudah itu. Sebaliknya, ketika ada pemindahan pegawai maka pasti ada pergeseran pegawai dari kampung tersebut ke tempat lain. Nah yang sudah lama, pasti tidak mau dipindah,” ungkapnya.

Namun menurutnya, cara yang bijak untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab akan mempelajari mekanisme penempatan PNS dan PTT tersebut sesuai dengan kampung halamannya. Jika PNS maupun PTT bersangkutan bersedia untuk pindah ke kampung halamannya sesuai dengan keinginannya, maka Pemkab akan memikirkan proses mutasinya.

“Jadi yang bijak itu adalah perlu dipelajari secara individu masing-maisng PNS dan PTT, bagi yang asal muasalnya misalnya dari Segah dan mau kembali ke Segah, dan yang di sebelumnya di Segah mau kembali ke asalnya, maka itu bisa kita proses mutasinya. Istilahnya, bertukar tempat,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia