Dermaga Teluk Sulaiman Masuk Program Kemenhub Lewat APBN 2018

TANJUNG REDEB – Masyarakat Teluk Sulaiman, Kampung Biduk-Biduk sepertinya masih harus bersabar dengan kondisi dermaganya yang cukup memprihatinkan. Pasalnya, untuk perbaikan dermaga itu diusulkan oleh Dinas Perhubungan dan Pengelola Keuangan dan Aset Provinsi Kaltim lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Iya, kita memang sudah mengetahui kondisi dermaga itu seperti apa, dari pemaparan yang disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, Mohammad Jauhar Efendi, kepada Sekda Provinsi Kaltim, dan Dishub Kaltim sendiri juga sudah diminta menindaklanjuti hal ini. Tetapi, yang bisa dilakukan adalah memasukkan program perbaikan dermaga Teluk Sulaiman ini ke dalam program kerja Dishub Kaltim, dengan menggunakan anggaran di 2018,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Salman Lumoindong, ketika dihubungi beraunews.com melalui WhatsApp, Senin (27/02/2017).

Sedangkan untuk realisasi perbaikan dermaga yang menjadi tempat sandar kapal yang tak hanya membawa penumpang atau wisatawan, tetapi juga sebagai tempat bongkar muat kapal dari luar Berau ini, kapan bisa terlaksananya, belum dapat dikatakan secara pasti.

“Kan masih diusulkan di 2018, jadi kalau disetujui pasti akan segera dilakukan perbaikan itu, tapi kalau tidak ya masyarakat harus lebih bersabar lagi,” terangnya.

BACA JUGA : Perbaikan Dermaga Teluk Sulaiman Mulai Terlihat Titik Terang

Meskipun masih belum ada kejelasan, Dishub Provinsi Kaltim menegaskan bahwa pihaknya akan mengusahakan sekuat tenaga agar usulan perbaikan dermaga ini bisa berhasil.

“Kondisi dermaganya memang harus segera diperbaiki, tapi untuk 2017 ini memang belum dianggarkan, makanya kami memasukkan dalam usulan tahun berikutnya. Setidaknya, perbaikan dermaga ini sudah masuk dalam program kerja Dishub Kaltim sendiri, jadi akan kami usahakan bagaimana caranya supaya usulan yang kami ajukan bisa disetujui oleh Pemprov Kaltim, sehingga proses perbaikan bisa segera berjalan,” tegasnya.

“Nanti kalau sudah pasti dan anggaran perbaikan dermaga yang diusulkan ini diterima dan disetujui, baru akan kita paparkan bagaimana teknisnya, pengerjaannya seperti apa. Untuk saat ini harap bersabar dulu, dan mudahan saja bisa terealisasi 2018,” tutupnya.(bnc)