Perbaikan Jalan HARM Ayoeb dalam Tahap Lelang

 

TANJUNG REDEB – Menyikapi kondisi ruas jalan HARM Ayoeb yang saat ini rusak hingga membuat warga kesal, mendapat respon dari Wakil Bupati Berau Agus Tantomo. Dikatakannya, jika pemerintah daerah melalui dirinya telah melakukan komunikasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum provinsi Kaltim, hasilnya diketahui jika status ruas jalan tersebut masuk dalam wilayah kewenangan pihak satuan kerja wilayah II BPJN XII Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Saya sudah menghubungi Kadis Pekerjaan Umum provinsi Kaltim. Jawaban dari beliau, ruas jalan itu masuk dalam status jalan nasional, tapi saat ini diakui dinas PU provinsi kalau perbaikannya sudah dalam tahap lelang penetapan pemenangnya pada akhir Februari. Kalau sudah keluar pemenangnya, akan langsung diperbaiki melalui UPTD Wilayah III,” ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (26/02/2017).

BACA JUGA : Waah, Lubang HARM Ayoeb Tumbuh Pisang

Secara tegas memang diakui Agus, jika sebagian besar ruas jalan di wilayah Berau kondisinya rusak parah. Selain karena kondisi jalan yang telah cukup tua, kerusakan juga disebabkan oleh aktivitas kendaraan berat yang kerap melintas melebihi kapasitas ruas jalan.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah daerah melalui DPU terus berupaya meremajakan sejumlah ruas jalan yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan dan mengancam keselamatan, namun upaya peremajaan ruas jalan yang ada tak serta merta dapat dilakukan sepenuhnya oleh DPU daerah lantaran status kewenangan jalan yang ada di provinsi dan pusat.

“Saya tidak tutup mata. Memang kondisi jalan kita saat ini sudah sangat memprihatinkan, terkhusus jalan yang ada di wilayah kecamatan, karena dilalui kendaraan berat terutama kendaraan sawit, tapi kita tidak bisa melakukan perbaikan karena status jalannya ada yang jalan provinsi, ada yang jalan nasional,” imbuhnya.

“Saya akan coba tanyakan hal ini ke provinsi dan pusat, bolehkah status kewenangan itu dialihkan ke daerah? Jadi ketika ada yang harus diperbaiki, kita bisa gerak cepat,  seperti di HARM Ayoeb itu,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia