Pemkab Wacanakan Gurimbang sebagai Pusat Distribusi Air Bersih

 

TANJUNG REDEB – Potensi Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, untuk memproduksi air bersih bagi empat kampung terdekat menjadi perhatian Pemkab.

Disampaikan Bupati Berau, Muharram, dengan potensi yang ada tersebut, Gurimbang akan menjadi pusat distribusi air bersih untuk Kampung Bangun, Muara Bangun, Tanjung Perangat hingga Sukan.

"Potensi air bersih yang dimiliki Gurimbang sangat layak kita kembangkan. Apalagi jika dibandingkan antara empat kampung terdekat ini, maka yang terbaik sumber airnya memang di Gurimbang," ujarnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, dana untuk pembangunan Gurimbang sebagai distributor air bagi empat kampung tersebut akan dianggarkan dengan nilai yang cukup besar yakni sekitar Rp30 miliar. Proses pembangunannya pun akan dilaksanakan dalam tiga tahapan, yang pada tahap awalnya dianggarkan sekitar Rp8,5 miliar.

"Jadi, untuk anggarannya akan disiapkan tahun ini juga. Tahun pertama dengan nilai sekian, tahun kedua sekian dan tahun ketiga sekian. Tidak langsung sekaligus," ucapnya.

Dengan adanya Gurimbang sebagai pusat distribusi air bersih kepada empat kampung tersebut, ia berharap kesulitan masyarakat terhadap air bersih akan terjawab. Sebab selama ini, untuk mendapatkan air bersih, masyarakat masih menggunakan sumur ataupun air sungai yang tidak memenuhi standar baku mutu.

"Semoga dengan distribusi air bersih dari Gurimbang, masyarakat tidak lagi cemas akan kebutuhan air. Sebab tujuan utama didirikannya pusat distribusi air ini adalah agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia