Perbaikan Dermaga Teluk Sulaiman Mulai Terlihat Titik Terang

 

TANJUNG REDEB – Kondisi dermaga di Kampung Teluk Sulaiman Kecamatan Biduk-Biduk yang mengalami kerusakan dan cukup membahayakan, menarik perhatian Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, Mohammad Jauhar Efendi, ketika meninjau kawasan hutan mangrove, Rabu (22/02/2017) lalu.

Dikatakannya, kondisi dermaga yang selama ini menjadi tempat sandar kapal yang ingin membawa penumpang atau wisatawan ke Teluk Sumbang melalui jalur laut, juga tempat sandar kapal atau bongkar muat kapal dari Sulawesi ini, memang perlu perbaikan.

“Sesaat sebelum meninjau kawasan hutan mangrove di Kampung Biduk-Biduk, saya dan Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pak Wiratno, menyempatkan mampir ke dermaga ini, dan memang kondisinya sudah harus mendapatkan perbaikan,” terangnya ketika dihubungi beraunews.com, Sabtu (25/02/2017).

BACA JUGA : Perbaikan Dermaga Belum Prioritas, Ini Tanggapan Pemerintah Kampung Teluk Sulaiman

Melihat kondisi dermaga yang seperti itu, lantas ia meneruskan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Rusmadi. Dari situlah titik terang mulai terlihat, meskipun sempat disebutkan bahwa pembangunan dermaga ini tidak masuk dalam prioritas di tahun 2017 ini.

“Dari Sekda Provinsi Kaltim inilah kemudian diteruskan ke Bappeda dan Dinas Perhubungan dan Pengelola Keuangan dan Aset Provinsi Kaltim untuk memperbaiki dermaga di Teluk Sulaiman ini,” terangnya.

Ini bisa menjadi berita menggembirakan tak hanya bagi masyarakat Teluk Sulaiman, Kampung Biduk-Biduk, tetapi juga bagi Kabupaten Berau. Pasalnya, fasilitas umum yang sangat penting bagi masyarakat ini memang kondisinya sudah mendesak dan memerlukan perbaikan sesegera mungkin.

Dikatakannya, tanggapan perbaikan dermaga ini direspon oleh Dinas Perhubungan dan Pengelola Keuangan dan Aset Provinsi Kaltim. Tetapi untuk penjelasan lebih lengkap dan teknisnya seperti apa, belum dapat dipastikan.

Sementara itu, upaya beraunews.com mengkonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong melalui pesan singkat, belum membuahkan hasil. Pernyataan dari Dishub Kaltim akan dimuat dalam berita selanjutnya.(bnc)