Tahun Ini, Dishub Hanya Bangun Dermaga Pulau Kaniungan

 

TANJUNG REDEB – Badai defisit anggaran yang terus memberikan dampak berkepanjangan membuat Pemkab Berau melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Berau hanya bisa melakukan pembangunan infrastruktur dermaga di beberapa perkampungan, berlangsung secara bertahap. Seperti, dermaga yang sebelumnya diusulkan di beberapa kampung di wilayah pesisir dan pulau wisata serta sentra industri perikanan skala kecil.

Kepala Dishub Berau, Abdurrahman Ullang mengungkapkan, pada tahun 2016 lalu, beberapa dermaga kampung telah selesai dikerjakan pembangunannya. Diantaranya, dermaga di Kampung Kasai, Pegat Batumbuk maupun di Kampung Semurut. Dan, pada tahun ini, direncanakan akan dibangun dermaga di Pulau Kaniungan, yang berada di wilayah Kecamatan Biduk-Biduk dan merupakan lokasi wisata kepulauan.

BACA JUGA : Dermaga Pulau Kaniungan Jadi Prioritas

Sebagai informasi, tahapan pelaksanaan pembangunan dermaga di Pulau Kaniungan itu, saat ini sudah diserahkan kepada Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa (ULP) Setkab Berau selaku pelaksana layanan pengadaan secara elektronik. Setelah proses lelang selesai, proses pembangunan fisik sudah bisa dilaksanakan dengan harapan sesuai dengan progres yang direncanakan.

“Sudah kita sampaikan ke ULP dan masih ada beberapa pembahasan bersama, sebelum dilaksanakan lelang. Itu terkait pemanfaatan kayu ulin,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com melalui telepon seluler, Selasa (14/02/2017) siang.

Dari Dishub sendiri, lanjut Abdurrahman, telah mengusulkan pembangunan dermaga di beberapa kampung yang ada di Kabupaten Berau. Namun, realisasinya dilakukan secara bertahap dan tahun ini baru dermaga untuk Pulau Kaniungan yang diwujudkan.

BACA JUGA : Banyak Kampung Ingin Bangun Dermaga Gunakan ADK, Ini Kata Dishub Berau

Selanjutnya, ada beberapa kampung yang juga menjadi perhatian serius Dishub Berau. Salah satunya, dermaga yang berada di Kampung Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-Biduk, yang sebelumnya juga telah diusulkan, namun terkendala terbatasnya anggaran Pemkab Berau. Selain itu, juga diusulkan untuk pembangunan dermaga di Kampung Dumaring, Kecamatan Talisayan, yang merupakan sentra nelayan dan di Mangkupadi.

“Kita sudah usulkan beberapa dermaga untuk dibangun, namun tahun ini, baru Kaniungan. Kita juga berharap untuk segera ke dermaga lainnya,” lanjutnya.

 

Untuk rencana pembangunan dermaga yang ada di Teluk Sulaiman sendiri, tambah Abdurrahman, pihaknya tidak hanya berharap dari APBD Berau. Pihaknya telah berupaya meminta anggaran pada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat guna percepatan realisasi pembangunan dermaga yang sangat dibutuhkan masyarakat Pesisir Selatan Berau tersebut.

BACA JUGA : Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman Belum Prioritas

“Kemarin, kami ketemu juga di Kementerian Perhubungan, dengan deputinya yang mengurusi bidang kepelabuhanan. Sudah diterimanya juga surat kita itu, tapi katanya perlu pembahasan lebih lanjut karena ini harus diprogram ulang lagi. Karena, mereka sudah menetapkan anggaran, kita tidak tahu nanti realisasinya kapan. Apakah ABT atau di 2018 nanti? Kalau tahun ini, rasanya belum ada karena anggaran sudah ditetapkan,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia