Sejak Dibangun, Puluhan PJU Ini Tak Berfungsi

 

TALISAYAN – Hingga kini keberadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di Kampung Dumaring masih belum berfungsi (menyala). Padahal PJU tersebut merupakan program dari Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau tahun 2015 lalu. Namun semenjak dilakukan pemasangan hingga sekarang, belum pernah sekalipun menyala.

Hal itu dibenarkan Kepala Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan, Salehuddin saat ditemui beraunews.com di kantornya, Senin (06/02/2017). Ia menyampaikan setidaknya ada sekitar 28 titik PJU yang tidak menyala hingga sekarang.

“Sudah setahun lebih PJU itu tidak pernah menyala. Jadinya seperti hiasan di tepi jalan saja lampunya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, puluhan PJU tersebut terletak di wilayah RT 03, 04, dan RT 07. Ia mengaku sudah pernah berkomunikasi dengan pihak PLN Talisayan. Namun, berdasarkan keterangan yang didapat, penyebab tidak dioperasikannya PJU tersebut akibat daya yang tersedia tidak mencukupi.

“Kita tidak tahu apakah saat itu PLN benar-benar kekurangan daya atau bagaimana. Hanya saja, kita khawatir jika puluhan PJU itu tidak dioperasikan dalam waktu yang lama akan mengalami kerusakan,” bebernya.

Disamping itu, dirinya menganggap keberadaan PJU di kampungnya juga sangat penting terutama dalam hal penerangan jalan lingkungan kampung. Sebab kata dia, dengan kondisi lingkungan yang gelap tentu berpotensi terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Apalagi dengan kondisi saat ini cukup banyak gangguan Kamtibmas yang terjadi, seperti tindak pencurian.

“Jelas dengan suasana gelap lebih rawan terjadinya tindak kejahatan. Ini yang tidak kita inginkan terjadi di Kampung Dumaring,” bebernya.

Terkait hal tersebut, pihaknya akan mengusulkan pengoperasian PJU itu melalui Musrenbang kecamatan beserta usulan penambahan jaringan di wilayah RT 06.

“Itu nanti akan kita bawa ke musrenbang kecamatan, bersama penambahan jaringan di wilayah RT 06. Karena di wilayah itu masih ada belasan rumah yang belum tersambung listrik. Padahal rumah itu sudah dilalui jaringan listrik dari PLN,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia