Peresmian Bandara Maratua Bakal Diundur Lagi

 

PULAU MARATUA - Rencana peresmian Bandara Maratua yang sebelumnya santer dilakukan pada Februari 2017, dipastikan meleset dari rencana awal. Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, kepada awak media di Pulau Maratua, Sabtu (04/02/2017).

Berbagai alasan diakui Wabup menjadi penyebab kemunduran peresmian ini. Salah satunya, yakni jadwal Presiden Joko Widodo yang cukup padat, hingga pihak istana belum memberikan konfirmasi terkait surat pengajuan yang dilayanagkan Pemkab dan Pemprov Kaltim.

“Surat kita sebetulnya sudah masuk ke sana, bahkan sudah pernah mendapat persetujuan, namun memang tak bisa kita pungkiri, Presiden ini kan kepala negara, jadi jadwalnya padat sekali. Kita hanya menunggu antrean saja,” ungkapnya.

BACA JUGA : Bandara Maratua Siap Diresmikan

Ia juga mengatakan, sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak terkait rencana peresmian yang molor dari rencana awal. Dari hasil pertemuan itu Pemprov tetap menginginkan jika untuk peresmian harus tetap dilakukan oleh Presiden.

“Gubernur hanya mengatakan akan segera diresmikan dalam waktu dekat, tapi tidak menyebutkan kapan waktunya. Selain itu, informasinya memang Presiden Jokowi selain meresmikan bandara sekaligus mau menginap di Pulau Maratua juga,” ujarnya.

Menyikapi hal ini, Wabup menyimpulkan, kepastian rencana peresmian ini dipastikan mundur dari rencana, hal itu dikarenakan saat ini telah mendekati tanggal waktu yang ditentukan namun belum ada informasi ataupun rencana persiapan penyambutan kedatangan Presiden.

BACA JUGA : Peresmian Bandara Maratua Tinggal Menunggu Jadwal Sekretariat Kepresidenan

“Kalau Presiden sudah pasti mau datang, jauh-jauh hari sudah ada rencana penyambutan. Tapi ini belum ada sama sekali. Selain itu, bandara Maratua ini kalau dilihat secara keseluruhan sudah siap beroperasi sejak November tahun lalu. Hanya menunggu Presiden lagi untuk meresmikan,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: M.S Zuhrie/Editor: R. Amelia